Auto Guangzhou 2016

BMW 1 Series Hanya untuk Esmud Tiongkok

Ekawan Raharja    •    Senin, 21 Nov 2016 19:02 WIB
bmwauto guangzhou
BMW 1 Series Hanya untuk <i>Esmud</i> Tiongkok
All New BMW 1 Series (bmwblog.com)

Metrotvnews.com, Guangzhou: All New BMW 1 Series resmi diperkenalkan dalamAuto Guangzhou 2016. Sengaja pameran otomotif itu yang BMW pilih, sebab generasi terbaru sedan kompak yang akan dijual resmi mulai pertengahan 2017 itu menyasar pengusaha dan eksekutif muda Tiongkok sebagai pelanggannya.

"Segmen mobil kompak premium sedang tumbuh di Tiongkok. Generasi muda Tiongkok suka mobil premium yang praktis. Jadi sedan BMW 1 Series ini lahir pada saat yang tepat dan ditujukan untuk orang yang tepat," kata Senior Vice Presiden BMW Brilliance Automotive Ltd, Jochen Goller, dalam bmwblog.com, Senin (21/11/2016).

Sekilas pandang langsung terlihat bahwa bukan tanpa alasan All New disematkan kepada generasi baru BMW 1 Series ini. Modelnya berupa sedan empat pintu memang jauh berbeda dibandingkan pendahulunya yang hatchback tiga dan lima pintu. Bonnet panjang, overhang pendek, grille ganda, headlamp bulat heksagonal dan garis pinggang tinggi nan sporty khas BMW tetap dipertahankan.

Meski belum mengadopsi teknologi adaptive light, LED headlamp All New BMW 1 Series cukup canggih. Selain anti silau juga secara otomotis meningkatkan intensitas cahaya secara signifikan pada malam hari atau dalam cuaca buruk. Sementara taillight masih bermodel L yang terkesan dinamis.



Layaknya sedan premium, interior kabin kompaknya juga berkesan mewah dan sporty. Dashboard-nya dinamis jadi tempat bersemayam tombol start & stop, rem tangan elektronik serta head-up display 8.8 inch touchscreen yang merupakan 'pusat komando' bagi car entertainment sekaligus panel informasi kinerja mobil.

Sistem BMW iDrive yang juga dikontrol dari layar display tersebut terhubung dengan apps interaktif berbahasa Tiongkok. Mulai dari bantuan pendampingan bila terjadi masalah teknis dalam perjalanan, rute terbaik menuju tujuan, estimasi lama perjalanan bahkan agenda kegiatan harian dan rekomendasi tempat belanja oleh-oleh untuk keluarga atau cafe tempat nongkrong sebelum pulang ke rumah.



Jarak antar sumbu roda sepanjang 2,67 meter menghasilan kabin belang dengan legroom yang lega di kelasnya. Atap panorama 70 cm persegi merupakan terluas di kelasnya. Fitur terpenting adalah filter udara baru yang menghadirkan udara segar secara simultan namun dengan daya sangat efisien. All New BMW 1 Series juga dibekali ban run-flat, peringatan kemungkinan senggolan dengan mobil di samping serta prediksi adanya pejalan kaki melintas.

Dua pilihan mesin bensinnya adalah 1500 cc dan turbo 2000 cc yang masing-masing dipadukan transmisi Steptronic enam dan delapan percepatan. Kinerja mesin bisa diatur dalam mode comfort, sport dan eco pro yang berkonsekuensi terhadap konsumsi bahan bakarnya.



Rencananya ada sepuluh pilihan warna yang ditawarkan. Sementara ini hanya dua yang ditampilkan dalam Auto Guangzou, yaitu Blue Estoril dan Golden Luminous.

 


(LHE)