Mobil Baru

'Berdisko' dengan Landy Disco 5

Ekawan Raharja    •    Selasa, 18 Oct 2016 15:23 WIB
'Berdisko' dengan Landy Disco 5
Land Rover Discovery 5. (foto: autoweek.com)

Metrotvnews.com, Paris: Setelah menghentikan produksi Defender yang legendaris, Discovery jadi prioritas Land Rover. Tak mengherankan karena segmen pasar SUV mewah memang terus berkembang.

Andalan terbaru Land Rover adalah generasi ke lima Discovery. Seperti seri generasi pendahulunya, offroader mewah ini punya 'nama panggilan' Disco 5. Tongkrongan meneruskan tradisi Landy, menyisakan bayangan garis body Discovery Sport dan Range Rover Evouge yang kompak.

Seperti dikutip dari autoweek.com, dibandingkan generasi sebelumnya dimensi Disco 5 yang mulai dipasarkan di Inggris pada Maret 2017 ini sedikit lebih rendah dan sempit. Namun agak lebih panjang sehingga mampu menampung tujuh orang penumpang sekaligus (2-3-2) dan masih ada sisa ruang untuk barang bawaan.



Uniknya bobot sekitar 2,1 ton itu lebih ringan 480 kg dari Disco Sport. Pengurangan berat badan berasal dari penggunaan konstruksi monocoque yang 83% dicetak dari satu lembaran aluminium (sekitar 43% di antaranya hasil daur ulang). Langkah jitu memangkas meningkatkan kekuatan struktur dan memangkas kompleksitas kontruksi, tapi lain jadi urusannya jika sekali waktu Disco 5 bersenggolan di jalan raya. Butuh biaya besar untuk perbaikan body.

Soal tampilannya yang boxy memang agak membosankan. Tapi fitur di dalam interiornya pasti membuat generasi millenial betah berlama-lama. Landy Disco 5 mempunyai sembilan port USB plus portable 3G WiFi hotspot yang mampu melayani delapan devices sekaligus.

Jangan terburu-buru kagum, sebab fitur terkerennya ada di ujung jari. Pengaturan konfigurasi tiga baris bangkunya dapat dilakukan melalui applikasi smartphone dari jarak yang cukup jauh. Sambil berpesta, Anda bisa mengubah konfigurasi agar bisa pulang bersama teman yang kemalaman.

Di sisi lain identitas sebagai kendaraan 4WD masih terlihat dari pilihan transmisi dua percepatan. Landy juga mempersenjatai Disco 5 dengan Terrain Response 2 sehingga pengemudi mudah menyalurkan tenaga secara konstan dengan  transmisi dan kontrol traksi.



Ada pula fitur All-Terrain Progress Control yang bertindak seperti cruise control dalam kecepatan rendah ketika menuruni bukit atau melintas sungai. Bila ketinggian sungai tiba-tiba melewati roda, Anda bisa menyetel air suspensi untuk menambah ground clearance dari 60 cm hingga 75 cm.

Landy Disco 5 memiliki drivetrain berupa transmisi 8 percepatan ZF automatic gearbox close ratio. Perpindahan mode diatur melalui kenop dan dapat dimainkan melalui paddle shift yang responsif di balik lingkar kemudi.

Sedangkan mesin dieselnya ada tiga pilihan. Td6 turbodiesel V6 yang dikembangkan dari generasi sebelumnya, serta Turbodiesel SD4 2.0lt yang merupakan mesin terbaru dan paling bertenaga di kelas Ingenium diesel saat ini. Sedangkan varian tertingginya ditenagai Si6 3.0lt supercharged V6.

 
(LHE)