Mobil Listrik

Rinspeed Oasis R2-D2 Siap Mejeng di CES

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 10 Oct 2016 17:34 WIB
mobil listrik
Rinspeed Oasis R2-D2 Siap Mejeng di CES
Rinspeed Oasis R2-D2. Autoguide

Metrotvnews.com: Produsen mobil asal Swiss salah satu yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan di ajang Consumer Electronic Show (CES) yang bakal digelar tahun depan. Mereka mempersiapkan Rinspeed Oasis R2-D2, mobil listrik dua penumpang dengan kemampuan self driving.

Perusahaan tersebut menjelaskan, Rinspeed Oasis didesain seperti ikon Star Wars R2-D2, karena keduanya mampu berputar dengan radius hampir nol. Mobil ini juga dirancang untuk menjadikannya sebagai mobil listrik dengan teknologi smart self driving di lingkup perkotaan. Sekaligus untuk membantah pernyataan tentang gagasan hutan kota, yang membutuhkan multi-ton SUV untuk bertahan hidup.

Jika dilihat dari penampakannya, Rinspeed Oasis ini memiliki panel kaca terbuka. Sedangkan bagian interior menawarkan ruang kabin baru dengan suasana modern. Ini termasuk pemasangan jok, bufet, TV dan setir multifungsi. Selain itu, kaca depan juga berfungsi sebagai layar virtual serta augmented reality.

Rinspeed percaya Oasis dapat digunakan sebagai komuter atau mobil belanja. Dapat juga digunakan untuk kepentingan bisnis sebagai kendaraan pengiriman mikro untuk layanan paket perkotaan. Bahkan untuk deliveri makanan yang harus dihantarkan dalam kondisi dingin atau panas. Ini berkat tersedianya kotak pendingin dan pemanas untuk makanan di bagian belakang.

Tapi yang diklaim menjadi bagian paling gila di Rinspeed Oasis adalah, tersedianya ruang hijau kecil terpadu untuk bisa meletakan tumbuhan/bunga di bagian bawah kaca depan.

The Annual CES memang terus menarik perhatian produsen mobil di seluruh dunia. Pasalnya ajang yang digelar setiap tahun ini bakal diikuti ribuan produsen, pengembang, dan pemasok perangkat teknologi konsumen. Bahkan beberapa produsen otomotif dunia tak segan untuk meluncurkan mobil barunya di sana.


(UDA)