Kaleidoskon Otomotif Nasional 2017

Wuling Buka Pabrik dan 'Tantang' Toyota Avanza

Ekawan Raharja    •    Selasa, 19 Dec 2017 08:11 WIB
kaleidoskop otomotifwuling motors
Wuling Buka Pabrik dan 'Tantang' Toyota Avanza
Wuling Confero mulai dijual per Agustus 2017. Doc MTVN

Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia, khususnya di sektor industri otomotif, pada 2017 cukup berwarna. Hal ini dikarenakan beberapa pabrik otomotif baru di Indonesia akhirnya beroperasi, seperti contoh pabrik milik Wuling Motors. Bagian yang mengagetkan adalah karena mereka masuk di segmen low MPV dan menantang langsung sang penguasa pasar, Toyota Avanza.

Tentu kehadiran perdana Wuling ke Indonesia tidak dilakukan secara dadakan. Merek otomotif asal Tiongkok ini sudah memulai cengkeraman perdananya sejak 2015.

Lebih tepatnya pada 20 Agustus 2015, Wuling mulai membangun pabrik mereka di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi. Tidak main-main untuk pabrik baru ini membutuhkan investasi USD700 juta yang dibangun di atas lahan 60 hektar.

Wakil Presiden SGMW, Yuan Zhijun, mengatakan Indonesia merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan potensi paling besar pula untuk pasar mobil. Sehingga hal ini yang akhirnya membuat Wuling Motor Indonesia hadir karena potensi dan peluang tersebut.

Kemudian di 2016, Wuling juga sudah pamer produk barunya di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di ajang pameran otomotif tersebut, Wuling memamerkan cikal bakal Confero S yang kelak akan dilahirkan dan dijual di Indonesia.

Akhirnya Wuling juga memulai aksi mereka di pasar otomotif nasional pada 2017. Dimulai dengan peresmian pabrik pada Juli 2017, setelah sudah dua tahun dikerjakan.

"Pembangunan pabrik pertama Wuling Motors di luar Tiongkok menunjukkan komitmen kuat dan jangka panjang kami untuk memasuki pasar Indonesia," ucap Presiden SMGW Motor Indonesia, Xu Feiyun, di acara peresmian pabrik, di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik Wuling Motors juga dilengkapi dengan fasilitas produksi dengan peralatan berstandar global dan teknologi canggih. Fasilitas tersebut adalah, Press Shop, Body Shop, Paint Shop dan General Assembly,  serta mempekerjakan sekitar 3.000 orang pekerja lokal.

Kemudian pada Agustus 2017, akhirnya mereka mulai menjual juga low multi purposes vehicle (MPV) perdana dengan nama confero. Waktu itu, mobil untuk keluarga ini dibanderol dengan harga mulai dari mulai dari Rp128,8 juta hingga yang termahal Rp162,9 juta (on the road Jakarta).

Tentu saja Wuling tidak akan diam saja di 2018. Sejumlah strategi sudah mereka siapkan, termasuk indikasi penambahan lini produk mereka di Indonesia. Termasuk meluncurkan Cortez yang menjadi penantang serius bagi Toyata Kijang Innova.


(UDA)