Teknologi Otomotif,

Mesin ICE Takkan 'Mati Rasa' 20 Tahun ke Depan

Ekawan Raharja    •    Jumat, 16 Mar 2018 17:46 WIB
mazdateknologi otomotif
Mesin ICE Takkan 'Mati Rasa' 20 Tahun ke Depan
Mazda Skyactiv-X bakal diperkenalkan perdana di 2019. Mazda

Jakarta: Saat ini Mazda terus mengembangkan internal combustion engine (ICE) atau mesin pembakaran dalam ke tahapan yang lebih efisien. Mereka percaya kalau mesin konvensional takkan 'mati rasa' atau masih bisa terus bersaing dan berkembang hingga ke titik yang lebih baik.

Sales Marketing & PR Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, menjelaskan saat ini mesin ICE masih bisa dikembangkan jauh lebih efisien. Menurutnya saat ini apa yang sudah dicapai masih sedikit sekali dari potensi mesin ICE.

"Prediksi sampai 20 tahun lagi masih akan tetap bertahan," ujar Ricky Kamis (15/3/2018) di The Sofia Jakarta.

Hal ini dibuktikan oleh Mazda dengan kehadiran Skyactiv-X sebagai mesin ICE generasi terbaru mereka. Disebutkan kalau mesin ini memiliki kemampuan 30 persen lebih baik dibandingkan Skyactiv-G atau Skyactiv-D yang ada saat ini.

Dibeberkan kalau mesin generasi terbaru ini bakal diperkenalkan pertama kali di dunia pada 2019. Sedangkan kemungkinan untuk masuk ke Indonesia pun ada hanya saja kualitas bahan bakar di Indonesia diperbaiki.

"Ini cek lagi aturan pemerintah yang ada, Euro4 lagi digiat-giatkan. Kelihatannya bisa teralisasi Euro4, tahun ini kemungkinan di Oktober 2018. Saya berharap ingin Euro4 ini bisa berjalan baik. Dasarnya Skyactiv-X ini Euro4 atau lebih," terangnya.


(UDA)