Mobil Listrik

ET-One Kompetitor Tesla Semi Truck

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 21 Dec 2017 08:11 WIB
mobil listrik
ET-One Kompetitor Tesla Semi Truck
Thor Trucks ET-One. Autoguide

Los Angeles: Tren dan persaingan mobil listrik tidak hanya terjadi di segmen mobil penumpang. Hal itu juga diperlihatkan untuk segmen mobil komersial. Tujuannya tak lain untuk memperkecil polusi udara dari emisi yang dihasilkan. 

Sebut saja ET-One, yang diciptakan oleh Thor Trail, dan disebut bakal kompetitor Tesla Semi Truck. Produsen otomotif yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) itu berencana untuk memulai pengiriman pada 2019.

Bahkan Thor Trail menjanjikan jika trucknya dapat menjangkau jarak hingga 480 kilometer sambil menarik muatan hingga 80.000 pon. Ini hampir mendekati Tesla Semi, meskipun Tesla menjanjikan jarak tempuh yang lebih jauh hingga 800 kilometer.

Dilansir dari Autoguide, nantinya Thor bakal menawarkan trucknya dalam dua varian. Yaitu versi jangkauan 160 km yang dipasarkan seharga USD150 ribu atau sekitar Rp2 miliar, dan versi 480 km yang akan dijual dengan harga sekitar USD250 ribu atau sekitar Rp3,3 miliar.

Dari desainnya yang terlihat futuristik, ET-One menggunakan sasis Navistar dan Dana heavy-duty axles. Sementara motor penggerak dipasok dari TM4 dan paket baterai sel dari LG. 

"Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Anda tidak harus menjadi produsen peralatan orisinal yang besar, seperti Ford atau GM, atau memiliki teknologi bermodal besar untuk mulai membuat kemajuan seperti ini," kata pendiri perusahaan, Dakota Semler, seperti dikutip Autoguide.


(UDA)