Balap Mobil

Aston Martin Berminat Jadi Pemasok Mesin F1

Ekawan Raharja    •    Rabu, 20 Dec 2017 15:34 WIB
balap mobil
Aston Martin Berminat Jadi Pemasok Mesin F1
Aston Martin berminat menjadi pemasok mesin F1.

Inggris: Aston Martin berencana untuk menjadi pemasok mesin di balap Formule One (F1). Hal ini mengingat Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) berencana untuk membuat regulasi baru di 2021.

Pada Oktober silam, FIA mengumumkan untuk tetap mempertahankan mesin 1.600 cc V6 turbo yang digunakan selama ini. Hanya saja sejumlah penyesuaisan harus dilakukan, seperti putaran mesin hingga pengaplikasian teknologi MGU-H heat energy recovery system yang rumit dan mahal.

Beberapa suplier mesin yang ada saat ini seperti Mercedes, Renault, dan Ferrari meragukan mesin terbaru itu. Tetapi berbeda dengan Aston Martin yang optimis peraturan tersebut bisa diaplikasikan dan memberikan dampak positif.

"Saat ini kami sadar bahwa pemain yang ada saat ini mencoba membawa olahraga ini menuju arah yang mereka inginkan. Saya juga akan melakukan hal yang sama jika berada di posisi mereka," mulai Chief Executive Aston Martin, Andy Palmer, dikutip dari Carscoops.

"Kami bertahan sebagai pengganggu. Jika kami membuat mesin, kami tidak akan melakukan sendiri. Kami akan mulai mencari rekan dari sekarang. Itu adalah kemitraan dari sudut pandang teknis dan sudut pandang pabrikan. Kamu memulai penelitian itu sekarang, sejalan dengan peraturan perijinan," lanjut Andy Palmer.

Aston Martin juga sudah mengirimkan surat kepada FIA mengenai efek dari perubahan regulasi dan indenpendensi pabrikan. Surat itu juga berisikan agar teknologi pemanfaatan panas untuk mengisi tenaga tidak digunakan.

Jika benar Aston Martin benar masuk ke balapn F1, maka dipastikan mereka akan memasok mesin untuk Red Bull Racing. Tentu semakin banyak pilihan mesin, membuat persaingan semakin sengit.


(UDA)