Teknologi Otomotif

Ford Kembangkan Fitur Pembela Diri Ketika Ada Bahaya

Ekawan Raharja    •    Senin, 01 Jan 2018 16:02 WIB
fordteknologi otomotif
Ford Kembangkan Fitur Pembela Diri Ketika Ada Bahaya
Ford kembangkan sistem keamanan untuk mendeteksi ancaman kejahatan di sekitar mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

Amerika Serikat: Ford terus mengembangkan berbagai fitur untuk meningkatkan keamanan para penumpangnya. Bahkan baru-baru ini kembali bocor sebuah fitur baru yang dikembangkan oleh Ford mengenai sistem keamanan mobilnya.

Kali ini Ford bukan mengembangkan fitur untuk melindungi penumpang dari kecelakaan. Melainkan melindungi penumpangnya dari ancaman seperti penjahat yang ada di sekitar mobil.

Para insinyur pabrikan asal Amerika Serikat ini merancang sebuah sistem yang dapat mendeteksi ancaman dari sekitar mobil. Ancaman ini bakal dideteksi dengan berbagai sensor yang digunakan di sekitar mobil.

Dikutip dari Slash gear, contohnya sensor camera 360 derajat yang akan memantau sekitar mobil. Lalu kamera akan melaporkan kondisi yang ada di sekitar ke perangkat elektronik untuk dianalisa.

Nantinya perangkat elektronik ini akan mengidentifikasi ancaman-ancaman apa saja yang ada di sekitar mobil. Sensor akan membaca ancaman seperti ada orang yang menggunakan topeng dan membawa senjata, atau ada anjing yang siap menyerang.

Jika ada ancaman, fitur ini akan melakukan tindakan peringatan. Tindakan akan berupa mengunci seluruh pintu, menghidupkan lampu, dan klakson sebagai pertanda ada ancaman bahaya di sekitar mobil.

Ford menjelaskan bahwa fitur ini kemungkinan besar akan digunakan untuk mobil otonom. Saat ini rival dari General Motors ini juga sedang berusaha untuk mendaftarkan cetak biru fitur ini.


(UDA)