Aksesoris Otomotif

Waspada Pakai Jok Khusus Bayi, Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 06 Jun 2015 11:35 WIB
oto aksesoris
Waspada Pakai Jok Khusus Bayi, Mengandung Bahan Kimia Berbahaya
Beberapa jok bayi dinyatakan mengandung zatt berbahaya. Termasuk ketika terpapar panas kabin kendaraan.

Metrotvnews.com: Healthystuff.org meliris sebuah study yang dilakukan lembaga Nonprofit Ecology Center (Riset Pusat Ekologi), tentang bahaya bahan kimia yang terdapat pada jok khusus bayi dalam mobil.

Hasil penelitian menunjukan, bahwa 73 persen dari 15 jok yang diuji, mengandung flame retardants halogenasi berbahaya. Sementara lebih dari setengah jok menggunakan bahan non halogenasi flame retardants organofosfat, yang bisa berbahaya juga.

Jok ini secara khusus diuji untuk brom, klorin, timbal dan logam berat lainnya. Zat-zat punya hubungan langsung dengan masalah tiroid, belajar dan gangguan memori, penurunan kesuburan, perubahan perilaku dan kanker. Panas dan paparan ultra violet dapat mempercepat pelepasan bahan kimia berbahaya di dalam mobil, di mana bayi berada pada risiko tertinggi terkena.

Karena bahan yang dibuat tahan terhadap api ini tidak terikat pada kursi mobil, dan rentan untuk melepaskan dari waktu ke waktu. Balita dapat terkena bahan kimia berbahaya jika terhirup, atau melalui penyerapan kulit.

"Jok khusus untuk bayi ini, memang berfungsi sebagai pengaman. Ini benar-benar penting karena orang tua bisa lebih fokus berkendara tanpa mengkhawatirkan anaknya. Namun kandungan kimia berbahaya pada material bahan jok tersebut, ternyata sangat berbahaya," jelas kata Jeff Gearhart Direktur Riset Pusat Ekologi.

"Tapi tidak semua jok berbahaya. Ada beberapa merek produk yang bahan joknya masih aman. Diantaranya Britax Frontier dan Clek Foonf yang menggunakan bahan kimia tidak berbahaya,"

Untuk merek yang dianggap mengggunakan bahan kimia berbahaya diantaranya, The Graco My Size 65 dan Baby Trend Hybrid 3-in-1. Bahkan, jok merek Graco mendapat predikat terburuk, dan diminta mengungkapkan semua kandungan berbahaya aditif flame retardant.


(UDA)