Kaliedoskop Otomotif 2018

Konsumen Otomotif Nasional, 'Makin SUV'

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 19 Dec 2018 08:10 WIB
mobil baruindustri otomotifmotor baru
Konsumen Otomotif Nasional, 'Makin SUV'
Konsumen saat ini mulai beralih ke mobil jenis SUV dan small car.

Jakarta: Tak jauh berbeda dengan pasar mobil keluaran terbaru. Pergeseran dan peralihan jenis mobil atau segmen yang dipilih konsumen juga terjadi di pasar mobil bekas/seken. 

Menurut Presiden Direktur Mobil88, Halomoan Fischer, kalau dulu konsumen sangat oriented dengan mobil jenis multi purpose vihicle (MPV) yang bisa menampung banyak penumpang, tapi kini sudah tidak lagi.

"Dulu konsumen sangat MPV oriented, kalau akhir-akhir ini perkembangannya bergerak ke arah sport utility vihivle (SUV)," kata Fischer saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Disebutkan, untuk mobil bekas berjenis SUV yang masih banyak diincar konsumen di antaranya adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios atau Toyota Fortuner.



Selain beralih ke jenis SUV, konsumen saat ini juga mulai beralih ke tipe small car alias mobil kecil, seperti LCGC dan city car. 

"Peralihan pilihan konsumen karena mereka sekarang lebih cenderung ke arah stylish dan individual. Marketnya sekarang seperti itu," tutup Fischer.

Berdasarkan keterangan dan data yang diungkap Fischer, maka tidak menutup kemungkinan jika di 2019 nanti tren mobil baru maupun seken masih didominasi jenis SUV dan small car.


(UDA)