Test Drive

Membelah Jalanan Jakarta dengan New Nissan March

Ekawan Raharja    •    Kamis, 22 Jun 2017 20:04 WIB
test drive
Membelah Jalanan Jakarta dengan New Nissan March
New Nissan March mendapatkan perubahan minor change dan penambahan fitur. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Nissan Motor Indonesia telah meluncurkan New March pada Februari 2017. Mobil ini mendapatkan sedikit penyegaran penampilan dan penambahan fitur untuk meningkatkan kenyamanan penumpang di dalamnya.

Tim redaksi Metrotvnews.com mendapatkan kesempatan untuk merasakan seberapa jauh kenyamanan yang ditawarkan oleh New March 1.5 AT. Terlebih mobil ini merupakan city car yang sejatinya menawarkan kenyamanan ketika melibas jalanan area perkotaan yang padat.

Eksterior

Hampir seluruh city car di desain dengan konsep fun to drive. Mobil untuk jalanan perkotaan harus menyenangkan di ajak jalan-jalan, termasuk melewati jalan sempit, terjebak di kemacetan, hingga parkir di tempat-tempat yang sempit.

New March mencoba mengusung konsep fun to drive dengan ukuran yang compact dan desainnya yang menyenangkan. Ketika diajak jalan-jalan, mobil ini terasa menyenangkan untuk dikendarai, khususnya bagi orang-orang yang biasa membawa mobil berukuran besar di jalanan perkotaan.

Dimensi yang ditawarkan New March cukup ringkas, panjang hanya 3.780 mm, lebar 1.667 mm, tinggi 1.525 mm, wheelbase 2.435 mm, dan ground clearance 147 mm. Bodi yang compact dan sasis monocoque yang digunakan membuat si mungil ini memiliki radius putar 4,5 meter.

Sedangkan penampilannya tidak jauh berbeda dengan March versi sebelumnya. Hanya saja March kali ini tampil lebih futuristik dengan penambahan lampu running day light (RDL), menggantikan foglamp yang ada sebelumnya.

Selebihnya New March masih mengandalkan tampilan dengan desain V-Motion khas Nissan, lampu dengan bentuk oval, serta grill dengan desain honey comb. Menilik belakangnya juga tidak ada perbedaan, tampil dengan lampu LED berbentuk kotak dan spoiler yang dilengkapi dengan lampu LED.

Interior

Tampilan interiornya tidak banyak berbeda dengan March sebelumnya. Hanya saja desain dashboard berbeda karena ada beberapa perubahan.

Paling mencolok perubahan terdapat di layar sentuh entertainment merek Kenwood. Layar sentuh ini sudah sudah bisa menggunakan teknologi mirroring dengan koneksi kabel USB atau pun bluetooth.

Kemudian sistem entertainment ini juga sudah bisa melakukan penggilan atau menerima panggilan telepon. Ditambah semua bisa dikontrol melalui sentuhan ibu jari di lingkar kemudi.

Hal yang baru di New March ini adalah sistem pengaturan ac yang tidak menggunakan tombol. Bahkan, sistem pendingin ini bisa di set up otomatis yang akan menyesuaikan dengan kondisi di dalam kabin mobil.

Interior juga tampak mewah dengan penggunaan bahan suede di panel pintu dan jok. Secara keseluruhan tampilannya semakin elegan dengan balutan piano black di hampir seluruh bagian mobil.

Hanya saja bagi yang tidak terbiasa dengan March, joknya terasa sedikit keras. Namun secara keseluruhan jok memeluk dengan baik pengemudi yang memiliki bobot badan 60 kg dan tinggi 160 cm. Kemudian kekurangan dari jok belakang New March adalah belum dilengkapi dengan ISOFIX untuk mengkaitkan baby car seat.

Leg room dan head room juga tersisa cukup banyak, sehingga kabin terasa luas dan nyaman. Serupa di jok baris belakang, bisa menampung hingga tiga orang, namun untuk kenyamanan akan lebih baik hanya diisi oleh dua orang saja.

Engine & Performa

Mobil mungil ini menggunakan mesin HR15DE 1.498 cc, dan terbilang cukup besar diantara kompetitor mereka yang rata-rata menggunakan mesin berukuran 1.200 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 100,6 daya kuda di putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 103,9 Nm di putaran 4.000 rpm.

Kubikasi mesin yang besar mengakibatkan tenaga yang dihasilkan sudah menjalar sejak putaran mesin di bawah hingga putaran hingga atas. Berbeda dengan mesin berukuran 1.200 cc city car lainnya yang biasanya hanya memiliki tenaga di putaran bawah dan tengah, untuk mengejar performa jalanan perkotaan yang biasanya berkarakteristik stop and go.

Perpaduan dimensi yang ringkas dan tenaga yang besar membuat mobil ini sangat menyenangkan di ajak menyusuri jalanan ibukota. Akselerasi dan manuver-manuver di jalanan terasa ringan, khususnya selap-selip di jalanan ibukota.

Bahkan ketika mobil di ajak melaju hingga 130 kilometer per jam (kpj), tidak terasa getaran yang berlebih di lingkar kemudi. Kemudian berkelok dengan kecepatan 60 kpj juga tidak terasa limbung yang teramat parah. Hal ini di dapat berkat electronic power steering (EPS) yang bisa menyesuaikan dengan kondisi mobil, ground clearance yang rendah, vehicle dynamic control, serta suspensi yang cukup baik bekerja.

Fitur Kenyaman dan Keselamatan

Berbicara fitur kenyamanan, New March sudah dilengkapi dengan fitur keyless system. Hampir seluruh mobil sudah terprogram otomatis seperti spion otomatis yang dapat melipat sendiri, steering switch audio control, hingga multi information display (MID) di depan pengemudi.

Sayangnya New March belum di lengkapi dengan sensor parkir. Padahal layar di konsol tengah sudah support dengan kamera parkir, dan hampir mobil-mobil saat ini sudah mengadopsi kamera parkir.

Sedangkan untuk keamanan, mobil ini sudah dilengkai dengan brake assist yang dilengkapi dengan anti-lock braking system, dual airbag, dan sabuk keselamatan 3-points.

Harga & Kompetitor
New March ditawarkan dengan harga mulai dari Rp179,050 juta (on the road Jakarta). Sedangkan mobil yang kami gunakan merupakan varian tertinggi yang dihargai Rp217,7 (on the road Jakarta).

New March harus bersaing dengan Kia Picanto, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, dan juga Toyota Etios Valco di segmen Citycar. Sisanya, tinggal pilihan anda untuk memilih citycar yang sesuai dengan kebutuhan.


(UDA)