Industri Otomotif

LMPV Wuling Buatan Indonesia Siap Mengaspal Semester II 2017

Ekawan Raharja    •    Selasa, 16 May 2017 15:30 WIB
wuling motors
LMPV Wuling Buatan Indonesia Siap Mengaspal Semester II 2017
Wuling sudah memperkenalkan prototipe mobil LMPV mereka di GIIAS 2016. Wuling Motors

Metrotvnews.com, Jakarta: Pabrik Wuling Motors di Indonesia terus dikerjakan. Bahkan dalam hitungan bulan, pabrik ini sudah mulai beroperasi.

"Kami berencana untuk meluncurkan low multi purpose vehicle (LMPV) pertama pada kuartal ketiga tahun 2017," ucap Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, Selasa (16/5/2017) melalui surat elektroniknya.

Dian juga menjelaskan bahwa LMPV yang diproduksi nantinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan selaras dengan nilai-nilai yang dianut oleh pabrikan asal Tiongkok tersebut, yakni Listen, Understand, and Create for Indonesia.

Dia juga pernah menjelaskan model LMPV dipilih karena melihat karakteristik masyarakat Indonesia. Mereka melihat mobil dengan muatan yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

"Indonesia kita lihat sosial dan ekonominya positif, untuk kepemilikan mobil masih kecil. Kita lihat di sana ada peluang. Dari situ kita lihat ada budaya ke segmen mobil keluarga," ujar Dian di kesempatan terpisah.

Tak sekadar meluncurkan mobil baru, Wuling Motors juga mempersiapkan beragam strategi pendukung lainnya. Strategi ini dilakukan untuk memperkuat industri otomotif mereka di tanah air.

"Kami juga telah menyiapkan berbagai strategi, seperti membangun lebih dari 50 jaringan penjualan dan layanan di seluruh Indonesia. Serta menyiapkan skema keuangan untuk masyarakat," tambahnya.

Tentu saja kehadiran Wuling di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Kucuran dana investasi senilai USD700 juta menjadi buktinya.

Investasi tersebut berbentuk pabrik di Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang, Bekasi, Jawa barat seluas 60 hektar. Pabrik ini terdiri atas dua fasilitas utama yakni 30 hektar untuk pabrik dan 30 hektar untuk supplier park.

Pabrik ini dirancang dapat memproduksi 120 ribu unit mobil per tahun dan menciptakan hingga 3.000 lapangan pekerjaan. Hingga saat ini mereka juga memastikan kerjasama dengan 20 produsen komponen lokal.

Sayangnya Wuling Motors masih enggan membeberkan detail dari LMPV andalan mereka. Bahkan mereka juga masih menutup rapat nama untuk mobilnya tersebut.


(UDA)