Teknologi Otomotif

Harvard Riset Karet Ajaib Anti Rusak

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 28 Aug 2017 09:40 WIB
teknologi otomotif
Harvard Riset Karet Ajaib Anti Rusak
Ban jadi komponen penting yang rentan rusak karena benturan. Carscoops

Metrotvnews.com: Ban selama ini sudah bertransformasi cukup bagus. Teknologi-teknologi dalam pembuatan sudah sedemikian majunya. Tujuannya jelas agar penggunaannya merasa nyaman dan aman karena traksi maksimal pada permukaan jalan.

Namun seperti yang kita ketahui, fisik ban rentan dari cidera seperti benjol karena membentur permukaan jalan yang tajam dengan cukup keras. Bentuk ban pun akan berubah dan tak nyaman digunakan.

Menariknya John A. Paulson dari Universitas Havard bersama tim yang dimotorinya, sedang mengembangkan karet yang bisa memperbaiki diri sendiri. Seperti diketahui karet jadi bahan dasar dalam pembuatan ban.

Campuran bahan kimia yang disebut covalent dan bahan pengikat menyatu sehingga disebut dengan molecular rope, yang terdiri dari bahan-bahan polymers. Produk akhirnya adalah karet yang fleksibel dan kuat, ketimbang karet yang sudah ada saat ini.

"Bayangkan jika kami menggunakan bahan ini untuk komponen membuat ban. Jika ban ini sobek, Anda tak perlu menggantinya, ban ini secara dramatis akan memperbaiki diri sendiri," timpal Profesor Jinrong Wu, dari Universitas Sichuan.

Harvard pun akan mematenkan teknologi ini dan akan digunakan secara komprehensif, termasuk dalam dunia otomotif. Jika ban dengan karet khusus ini diproduksi, produsen ban bakal gigit jari.


(UDA)