Jual Beli Mobil Bekas

Avanza Bekas jadi Incaran, Pedagang Kewalahan Cari Stok

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 27 May 2017 08:00 WIB
mobil bekas
Avanza Bekas jadi Incaran, Pedagang Kewalahan Cari Stok
Toyota Avanza bekas, masih jadi incaran jelang lebaran. MTVN/Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Momentum menjelang lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu jadi berkah bagi para pedagang mobil bekas (mobkas). Terutama untuk segmen mobil low MPV seperti Toyota Avanza. Dan ini berlaku merata hampir di semua daerah di Indonesia.

Selama ramadan, tren pembelian mobkas selalu meningkat. Terkadang para pedagang mobkas pun kehabisan stock mobkas. Kecenderungan di masyarakat untuk membeli mobil bekas Avanza untuk mudik, sebelum bulan puasa dimulai menjadi suatu fakta menarik tersendiri di kalangan pedagang mobil bekas.

“Pas bulan Januari dan Februari awal tahun ini justru malah sepi, tapi pas masuk bulan tiga dan empat mulai rame tuh, sebulan bisa nyampe 20 unit keluar,” tutur Ko Jiang, pemilik showroom mobil bekas Cintya Mobilshop di Semarang.

Ramainya pembeli mobil bekas di bulan ketiga tahun ini diasumsikan karena para pembeli cenderung menghindari adanya lonjakan harga di bulan puasa hingga menjelang lebaran. Perihal model mobkas favorit, Toyota Avanza rupanya masih menjadi mobil bekas yang paling banyak dicari.

Stoknya terkadang terbatas, karena itu banyak pedagang mobkas mencari Avanza hingga keluar daerah, demi menjawab tingginya demand dari konsumen.

Meski telah hadir banyak pilihan mobil keluarga serta pilihan LCGC (low cost green car), namun mobil second Avanza masih menjadi yang paling dicari. Terutama di kalangan peminat mobil bekas. Hal ini membuat para pedagang mengantisipasi belanja stok barang yang paling dicari pembeli dari jauh-jauh hari.

Bahkan tak jarang ketika terpaksa karena kehabisan stok, mobil tersebut dari supplier, para pedagang melakukan pembelian stok kepada sesama showroom mobil bekas demi menghadirkan barang yang diminta pembeli.

“Kalau saya sih sejauh ini belum pernah sampai kehabisan, tapi kita biasanya kalau lagi perlu barang yang unitnya susah dicari ya pasti nyari ke temen sendiri sesama pedagang,” ujar Jacky dari Alfa Auto Tangerang – BSD.

Beberapa pedagang mengaku bahwa hal tersebut biasa terjadi karena hampir semua dealer harus memenuhi tren permintaan pembeli yang sama dalam satu waktu. Selain itu, khusus untuk area di Jabodetabek pilihan mobil jenis city car lainnya juga sering dicari.


(UDA)