Peristiwa Unik

Honda Civic Type R Terbalik dalam Pengujian di Nurburgring

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 16 May 2017 11:08 WIB
honda mobil
Honda Civic Type R Terbalik dalam Pengujian di Nurburgring
Honda Civic Type R oversteer saat melakukan uji coba di lintasan Sirkuit Nurburgring. Autoguide

Metrotvnews.com: Honda Civic Type R mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba di lintasan Nurburgring, Jerman, Selasa (15/5/2017). Insiden terjadi ketika EP3-gen Type R memasuki tikungan dan mengalami oversteer sehingga mobil terbalik.

Dikutip dari Autoevolution, oversteer dapat terjadi akibat dari akselerasi yang tiba-tiba atau pengereman pada saat menikung. Sehingga daya cengkeram ban belakang hilang.

Untuk kasus oversteer ini bobot mobil akan pindah ke depan sehingga daya cengkeram ban belakang berkurang, dan akan membuat mobil tak terkendali serta berpotensi menabrak pada bagian samping kendaraan. 

Dijelaskan, bahaya dari kecelakaan ini adalah pada bagian samping mobil, karena tidak memiliki perlindungan sebaik bagian depan atau belakang.

Untungnya, pengemudi dan penumpangnya bisa keluar dari kendaraan dengan cukup cepat, sehingga mereka lolos dari kecelakaan tanpa mengalami luka seirus.

Meski begitu sirkuit dengan julukan ‘The Green Hell’ menjadi tempat bergengsi bagi pabrikan untuk memecahkan rekor kecepatan mobilnya, karena sirkuit ini tersohor memiliki karakteristik cepat, tikungan tajam, serta turunan dan tanjakan yang menjadikannya sirkuit paling tricky di dunia.


(UDA)