Penjualan Otomotif Nasional

Penjualan Mobil Matic, Mendominasi di Auto2000

Ahmad Garuda    •    Selasa, 27 Jun 2017 13:07 WIB
penjualan mobil
Penjualan Mobil Matic, Mendominasi di Auto2000
Penjualan mobil bertransmisi otomatis, 85 persen mendominasi di Auto2000. Auto2000

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjualan mobil bertransmisi otomatis saat ini memang sudah lebih banyak ketimbang mobil bertransmisi manual. Berdasarkan fakta yang diungkapkan Chief Executive Auto2000, Agus Prayitno, penjualan mobil driving sistem 'anti pegal' itu, kini sudah mendominasi penjualan mereka.

Terlebih lagi dari 108 jaringan yang mereka miliki di seluruh Indonesia, memang semuanya berada di kota besar. Fakta ini cukup menarik mengingat perilaku konsumen yang ada saat ini hingga pemahamannya mulai bergeser.

"Komposisi penjualan mobil bertransmisi otomatis, kini jauh mendominasi penjualan kami. Dari skala 100 persen, 80-85 persennya adalah mobil bertransmisi otomatis. Mungkin juga dikarenakan semua jaringan kami berada di kota besar. Kami juga melihat ini sebagai sebuah perubahan perilaku yang cukup masif," klaim Agus.

Ia melanjutkan, bahwa sebenarnya angkanya akan mendekati 100 persen jika saja bukan karena alasan keterbatasan budget untuk membeli mobil. Mengingat sekarang, rata-rata semua orang yang ingin membeli mobil, tak mau ribet lagi.

"Seandainya mereka punya budget lebih, rasanya yang 15-20 persen pembeli mobil manual akan tereduksi angkanya menjadi pembeli mobil bertransmisi otomatis kok. Jadi memang sekarang orang-orang sudah beralih menggunakan mobil matic."

Kecenderungan untuk membeli mobil bertransmisi manual, sekarang banyak dialokasikan untuk pemenuhan untuk keperluan mobil operasional. Itu pun untuk mobil operasional level supervisor atau manager ke atas, biasanya dipilih mobil yang bertransmisi otomatis.

Namun manufaktur juga tak ingin sesumbar untuk menghilangkan mobil transmisi manual, mengingat masih banyak juga orang yang memang senang mengendarai mobil bertransmisi manual.


(UDA)