Regulasi Otomotif

Punya Mobil Tak Punya Garasi? Maaf Asuransi Tak Berlaku

Ekawan Raharja    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:51 WIB
regulasi otomotif
Punya Mobil Tak Punya Garasi? Maaf Asuransi Tak Berlaku
Parkir di badan jalan membuat pemerintah menyusun regulasi baru, begitu juga dengan asuransi. BPBS

Metrotvnews.com, Jakarta: Para pemilik mobil yang memarkirkan mobilnya di pinggir jalan kini wajib cemas. Selain bisa saja mobilnya di angkut oleh dinas berwajib, asuransi pun tidak bisa menjamin jikalau mobil tersebut mengalami kejadian yang tidak mengenakkan.

Senior General Manager Head of Production Departements PT Asuransi MSIG Indonesi, Enny, menjelaskan bahwa secara teori perusahaan asuransi tidak bisa mengganti kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mobil hilang, dirusak, ataupun kejadian lainnya. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut bertentangan dengan peraturan yang dimiliki oleh pemerintah.

"Pada dasarnya Praktek asuransi tidak boleh bertentangan dengan undang-undang. Jadi terhadap parkir di tempat umum, secara teori tetap melanggar aturan dan tidak bisa dibayarkan. Tetapi ini kembali lagi tergantung kebijakan masing-masing asuransi," tukas Enny pada Rabu (13/9/2017) di acara Memilih Asuransi Online dan Mobil Bekas yang selenggarakan Mobil123.com.

Aturan parkir mobil pribadi bukan di garasi terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Lebih spesifiknya Pasal 140 Ayat 1 dan 2 menjelaskan bahwa setiap orang yang memiliki mobil wajib memiliki garasi, dan dilarang menyimpan mobil di ruang milik jalan.

Tidak cuma itu, setiap kejadian lalu lintas yang diakibatkan karena melanggar peraturan pemerintah pun tidak bisa dijamin oleh asuransi. Termasuk mengemudikan mobil atau sepeda motor tanpa memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Contoh, Anda mengalami kecelakaan kendaraan dan tidak memiliki SIM, maka aturan asuransi harus mengikuti aturan negara," tambah Enny.


(UDA)