Balap Mobil

Porsche Tinggalkan Balap Ketahanan Le Mans

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 01 Sep 2017 08:25 WIB
porsche
Porsche Tinggalkan Balap Ketahanan Le Mans
Mobil balap Le Mans Porsche 919 Hybrid kunjungi markas Porsche Indonesia. MTVN/A . Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Porsche sukses besar dalam balap ketahanan 24 Hours of Le Mans. Mereka berhasil menjadi juara ajang balap tersebut tiga kali berturut-turut di kelas LMP1.

Sukses besar justru membuat langkah pabrikan Jerman itu bulat meninggalkan ajang balap tersebut. Mulai 2019, Porsche akan fokus balapan di ajang balap Formula E.

Perubahan komitmen motorsport ini berasal dari arah yang ditetapkan perusahaan, yang akan melihat Porsche mengembangkan kombinasi kendaraan GT murni dan mobil sport yang full elektrik, persis mobil listrik mereka yakni Mission E.

"Memasuki Formula E dan meraih kesuksesan dalam kategori ini adalah hasil logis dari Mission E. Kebebasan untuk mengembangkan teknologi in-house membuat Formula E menarik bagi kami," kata Michael Steiner, Anggota R&D Porsche AG.

Selain menuju Formula E, Porsche meninggalkan balap Le Mans karena telah mencapai puncak. "Ada pepatah Jerman, pergi saat berada di puncak adalah cara yang tepat untuk pergi," ujar Christoph Choi, Managing Director Porsche Indonesia kemarin, 31 Agustus 2017 di Porsche Center Jakarta.

Christoph juga menambahkan, akan ada banyak hal dari sebuah mobil balap yang diterapkan di mobil normal (harian). "Salah satunya adalah sistem pengereman dan banyak teknologi lainnya," katanya.

Meski pergi dari balap Le Mans, Porsche akan tetap mempertahankan tim sepenuhnya, termasuk pembalap dan kru tim. 2018 Porsche akan fokus pada pengembangan mobil Formula E miliknya, sebelum ikut kompetisi penuh pada 2019.


(UDA)