Teknologi Otomotif

Lindungi Pesepeda, Bosch Kembangkan Pengereman Darurat

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 31 Aug 2017 07:26 WIB
bosch
Lindungi Pesepeda, Bosch Kembangkan Pengereman Darurat
Rem darurat mampu mencegah tabrakan dengan pengendara sepeda. Bosch

Metrotvnews.com: Perusahaan teknologi Bosch kembali mengembangkan sebuah teknologi baru dalam dunnia otomotif, khususnya mobil. Teknologi ini merupakan asisten elektronik yang mampu mencegah kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda.

Teknologi ini dilengkapi pendeteksi pengendara sepeda, mampu mencegah tabrakan, dengan membuat mobil berhenti total dari laju 40 kilometer per jam secara otomatis. iBooster Bosch memicu pengereman penuh hanya dalam 190 milidetik, lebih cepat dari dua kali kedipan mata.

"Asisten elektronik ini selalu waspada, dan dalam keadaan darurat mampu memberikan respon lebih cepat dari yang bisa dilakukan manusia. Mereka memberikan dukungan tepat ketika pengemudi membutuhkannya, terutama di lalu lintas kota yang sibuk," kata Dirk Hoheisel, anggota dewan manajemen Bosch.

Di Jerman, sepeda terlibat dalam seperempat dari jumlah kasus kecelakaan yang mengakibatkan cedera tubuh. Menurut Kantor Statistik Federal Jerman, 393 orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda pada 2016 saja.

Sekitar dua pertiga dari kecelakaan tersebut melibatkan satu mobil. Dengan melengkapi setiap mobil di Jerman dengan sistem pengereman darurat yang dapat mendeteksi pesepeda, diharapkan dapat mencegah hampir setengah (43 persen) kecelakaan sepeda.

Euro NCAP juga mengatakankan pentingnya pengereman darurat. Fitur ini membantu mengurangi terjadinya kecelakaan, khususnya di kota-kota besar dengan kondisi lalu lintas yang padat.


(UDA)