Industri otomotif,

Kuat di Retail, Kini Xpander Keker Segmen Fleet

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 02 Jun 2018 12:46 WIB
mitsubishiindustri otomotif
Kuat di Retail, Kini Xpander Keker Segmen <i>Fleet</i>
Mitsubishi Xpander bakal dijajakan pasar fleet. Mitsubishi

Jakarta: Mitsubishi Xpander kini sukses mengalahkan Toyota Avanza sebagai raja di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Tidak ingin terlena dengan kondisi sekarang, Mitsubishi kini kembali merencanakan strategi baru untuk memperkuat posisi Xpander.

Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Choeru Cahya, menjelaskan Mitsubishi Indonesia bakal membidik segmen fleet. Pabrikan berlogo tiga berlian ini bakal menyasar penjualan kendaraan penumpangnya, termasuk Xpander, untuk instansi pemerintahaan, perusahaan swasta, rental mobil, dan lain-lainnya.

"Mudah-mudahan di semester kedua. Sekarang sedang mengkumpulkan database konsumen Xpander dulu," ujar Imam di Lucy in The Sky Jakarta.

Imam membeberkan dari total pasar 1,1 juta unit mobil di 2017, 25 persen pasarnya merupakan segmen fleet. Bahkan jika lebih dirinci dari 25 persen segmen fleet tersebut, 40 persennya ada di segmen LMPV.

"Saya melihat seperti ini berarti ada peluang kita masuk ke segmen itu juga. kalau di Mitsubishi Fuso memang mereka sudah dari dulu konsentrasi ke fleet, tapi dari Mitsubishi di semen mobil penumpang ini di Triton memang sudah kita sudah 80 persen lebih memang sudah ke sana. Tapi untuk mobil penumpang di Mitsubishi ini kan belum terlalu konsentasi, makanya saya membentuk suatu tim bagaimana untuk kedepannya setelah Xpander ini terpenuhi untuk segmen retailnya, kita bisa berkonsentrasi dan bergerak untuk masuk ke segmen fleet," beber Imam.

Sebagai gambaran, Imam menjelaskan kalau saat April 2018 penjualan retail Xpander mencapai enam ribu unit dan wholesale mencapai tujuh ribu unit. Dia juga memperkirakan di bulan Mei 2018, data retail Xpander akan mencapai tujuh ribu unit.


(UDA)