Industri Otomotif

Toyota Protes Kebijakan Biaya Impor Amerika Serikat

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 29 Jun 2018 14:11 WIB
toyota
Toyota Protes Kebijakan Biaya Impor Amerika Serikat
Toyota protes kebijakan biaya impor baru Donald Trump. Reuters

Tokyo: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tak lepas dari kontroversi. Bahkan saat ini Ia terus membuat beberapa kebijakan yang terbilang kontroversial hampir dalam segala hal. Terbaru adalah rencana kenaikan biaya masuk untuk kendaraan impor dari negara Eropa.

Toyota sebagai produsen mobil terbesar dunia pun memprotes kebijakan tersebut. Sejauh ini belum ada pabrikan mobil yang protes terhadap keputusan yang dilakukan sang presiden, seperti dituliskan Autoevolution.

Toyota juga mengkritik permintaan Trump terhadap Departemen Perdagangan setempat, untuk melakukan investigasi dan menentukan apakah impor kendaraan merupakan ancaman bagi keamanan nasoinal Amerika Serikat.

"137 ribu orang Amerika mendukung keluarga mereka yang bekerja untuk Toyota, dealer Toyota dan Lexus Mereka bukan ancaman keamanan nasoinal bagi Amerika Serikat," tulis Toyota.

Terkait masalah pajak impor, Uni Eropa dan Amerika Serikat saling berbalas. Salah satu efeknya adalah rencana Harley-Davidson memindahkan produksi sepeda motornya dari tanah kelahirannya itu.

Harley-Davidson disebut akan emindahkan produksi beberapa model motornya ke India. Trump pun menyerang rencana yang akan dilakukan pabrikan motor legendaris tersebut.


(UDA)