Industri Otomotif

Mengenal Mobil Pertama di Dunia, Benz Patent-Motorwagen

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 30 Jun 2018 07:39 WIB
industri otomotif
Mengenal Mobil Pertama di Dunia, Benz Patent-Motorwagen
Replika Benz Patent-Motorwagen. Carscoops

Jerman: Benz Patent-Motorwagen adalah mobil pertama yang dibuat di dunia. Mobil roda tiga yang dijalankan menggunakan motor ini, dirilis pada 3 Juli 1886, dan enam tahun berikutnya sekitar 25 unit diproduksi. Kemudian, Karl Benz mengajukan paten 29 Januari 1886. 

Pada masanya Paten-Motorwagen dijual seharga 600 mark Jerman, jika saat ini nilainya bisa mencapai lebih dari USD4000 atau sekitar Rp56 juta. 

Yang menarik adalah tenaga Patent-Motorwagen bersumber dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah yang dikembangkan oleh Benz, diklaim menghasilkan tenaga di bawah 1 daya kuda pada 400 rpm.

Namun, beberapa replika dari Patent-Motorwagen dibuat memiliki mesin yang lebih kuat,  termasuk tenaga yang dihasilkan mencapai 2 daya kuda, membuatnya melesat hingga 16 km per  jam.

Benz Patent-Motorwagen hadir dengan fitur roda tiga, kabin terbuka, serta dilengkapi jok kulit yang letaknya tepat di atas mesin pembakaran kecil. Untuk mengoperasikan mobil melalui  kontrol tangan, dan tidak menggunakan pedal seperti mobil kebanyakan saat ini. 

Bagian yang ditampilkan Carscoops ini adalah salah satu replika khusus yang dipesan oleh Mercedes-Benz untuk keperluan museum dan pameran, yang dibangun pada 2002. Kini mobil klasik ini masuk dalam daftar penjualan di German marque’s All Time Stars sales specialists di Jerman.

Tidak ada rincian mengenai jarak tempuh, tetapi perusahaan mengatakan replika ini disimpan dalam kondisi yang masih asli dan dalam keadaan baik, teramsuk jarah tempuh yang rendah. 

Sayangnya, tidak disebutkan harga yang diminta, sehingga sulit untuk menilai secara akurat berapa nilai layak kendaraan ini.


(UDA)