Industri Otomotif

Desain Ford Focus Terbaru, Terinspirasi Pasar Mobil di Tiongkok

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 30 Jul 2018 07:35 WIB
ford
Desain Ford Focus Terbaru, Terinspirasi Pasar Mobil di Tiongkok
Ford Focus terbaru dipengaruhi selera konsumen Cina. Autoexpress

Michigan: Tiongkok saat ini menjadi negara dengan penjualan mobil paling banyak di seluruh dunia. Tak heran jika hampir seluruh merek mobil ada di sana, belum lagi brand-brand lokal yang juga terus berkembang.

Tak hanya itu, pabrikan juga ada yang mendesain mobil sesuai selera masyarakat Tiongkok. Salah satunya adalah Ford. Mereka secara terbuka mengakui Focus terbaru banyak menyesuaikan permintaan pasar Tiongkok.

Salah satunya adalah desain kaca samping terintegrasi pilar C yang hilang di model barunya. Padahal kaca samping tersebut sudah ada sejak generasi Ford Focus pertama kali muncul tahun 1998 silam.

Hilangnya salah satu ciri khas mobil itu karena Ford ingin memberi pintu yang bisa membuka lebih lebar. Hal ini disebutnya sebagai salah satu kunci sukses menjual Mobil di negara tirai bambu tersebut.

"Tiongkok menjadi pasar yang difokuskan untuk Focus, kami memberinya pintu yang bisa membuka lebih lebar. Kami menggunakan pintu yang sama antara model sedan dan hatchback," terang Jordan Demkiw, Ford of Europe's Exterior Design Manager.

Jika masih ada di Indonesia akan menjadi pesaing Honda Civic dan VW Golf. Sayang Ford Indonesia memilih pergi karena penjualannya dianggap tak begitu bagus.


(UDA)