Industri Otomotif

Fokus di Asia, Toyota-Daihatsu Seriusi Proyek Mobil Kompak

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 05 Oct 2016 09:19 WIB
Fokus di Asia, Toyota-Daihatsu Seriusi Proyek Mobil Kompak
Mobil kompak Toyota akan diracik oleh Daihatsu. Reuters

Metrotvnews.com: Toyota Motor Corp mengumumkan penggabungan internal perusahaan dengan Daihatsu untuk mengembangkan dan memasarkan mobil kompak. Toyota punya tujuan untuk mengembangkan market share di wilayah lain Asia.

Seperti ditulis Reuters, (4/10/2016), Toyota berencana mendirikan unit baru pada Januari mendatang. Urusan membuat mobil kompak akan sepenuhnya dikendalikan Daihatsu, yang sudah menjadi grup Toyota sejak awal tahun ini.

Daihatsu akan bertindak sebagai pengembang, pembelian, memproduksi dan mempersiapkan mobil kompak yang akan diracik dipabrik yang sudah ada saat ini. Pasar Vietnam, India dan Pakistan jadi tiga negara mobil kompak ini, selain wilayah lain Asia.

Grup Toyota memang memproyeksikan Daihatsu sebagai brand global yang difokuskan menggarap mobil kompak, untuk pasar mobil entry-level. Kelak brand berlogo 'D' ini akan fokus pada mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Proyeksi ini sendiri sudah diumumkan saat pengenalan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Saat ini Daihatsu punya market share 18 persen di Indonesia, dan 32,5 persen di Malaysia.
 
(UDA)