LCGC Baru

Daihatsu Tanggapi Sigra Amblas Diisi 7 Penumpang

Ekawan Raharja    •    Selasa, 27 Sep 2016 10:38 WIB
toyota
Daihatsu Tanggapi Sigra Amblas Diisi 7 Penumpang
Bodi mobil Calya-Sigra yang ambles diisi dengan tujuh penumpang tidak mempengaruhi performa mobil saat melaju. ADM

Metrotvnews.com, Jakarta: Jejaring sosial belum lama ini dihebohkan dengan topik Calya-Sigra yang bodinya tampak ambles saat diisi tujuh penumpang. Hal ini yang kemudian langsung mendapatkan tanggapan dari Daihatsu dan Calya-Sigra Community (Calsic).

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, menjelaskan bahwa Sigra didesain dengan konsep multi vehicle purpose (MPV) low cost green car (LCGC) tujuh penumpang. Namun untuk mengejar kenyamanan, suspensi diatur sedemikian rupa.

"Kita sudah riset, meski mobil berkapasitas tujuh penumpang namun tidak selalu diisi dengan penumpang penuh. Keseringan cuma dua sampai lima untuk sehari-hari. Makanya suspensinya kita atur agar tetap nyaman dan bisa tetap bekerja dengan baik," ujar Amelia Tjandra di Dealer Daihatsu Kelapa Gading.

Wanita energik ini menjamin bahwa semua mobil tujuh penumpang akan tetap ambles ketika disini muatan penuh. Dia menjamin kondisi ini tidak akan menggangu performa karena tidak mengubah center of gravity mobil.

Penampakan body Calya yang ambles saat diisi dengan tujuh penumpang. Calsic

"Meski secara penampilan amblas, tapi kenyamanan tidak masalah sama sekali. Pada saat digunakan juga tidak terjadi masalah, tetap nyaman," tambah Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Anjar Rosjadi, dikesempatan yang sama.

Anjar menambahkan penyebab amblasnya bodi mobil karena suspensi yang digunakan relatif empuk. Namun hal itu sudah diperhitungkan sehingga tidak mengubah titik bobot mobil.

Kondisi di atas sudah pernah diuji oleh Calsic. Mereka pun mencoba mengendarai Sigra dengan muatan tujuh penumpang untuk berkeliling.

"Team saya sudah pernah melakukan di dalam kabin sampai tujuh penumpang. Hasilnya performa cukup bagus tidak ada masalah," ujar Ketua Chapter Calsic DeBor, Rudy Noviar, melalui pesan singkatnya.


(UDA)