Lalu Lintas

Sistem Transaksi Pembayaran Tol Ruas Jagorawi Berubah

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 06 Sep 2017 07:26 WIB
lalu lintas
Sistem Transaksi Pembayaran Tol Ruas Jagorawi Berubah
Perubahan sistem transaksi pembayaran di tol Jagorawi. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Jasa Marga melakukan perubahan sistem transaksi pembayaran tol pada Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Perubahan dari sistem tertutup menjadi Sistem transaksi terbuka ini berlaku mulai 8 Sepetember 2017.

Dalam keterangan resminya, AVP Corporate Communication, Dwimawan Heru mengatakan, perubahan itu juga akan meniadakan transaksi tol di Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama. Adapun sistem transaksi saat ini (eksisting) yang diberlakukan adalah sebagai berikut, Sistem Transaksi terbuka ruas Cawang-Taman Mini/Dukuh dengan sistem pentarifan tol merata.

Kemudian Sistem Transaksi terbuka ruas Cawang-Cibubur dengan sistem pentarifan tol merata, dan Sistem Transaksi tertutup ruas Simpang Susun Cimanggis sampai dengan Bogor/Ciawi (sesuai asal tujuan), dengan sistem pentarifan tol proporsional.

Sementara pasca perubahan sistem transaksi, sistem pentarifan tol merata akan diberlakukan dari ruas Cawang sampai dengan Bogor/Ciawi. Tarif tol perubahan sistem transaksi ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 692/KPTS/M/2017 tanggal 31 Agustus 2017.

Tarif tol yang berlaku mulai tanggal 8 September 2017 pukul 00.00 WIB untuk Jalan Tol Jagorawi adalah sebagai berikut. Gol. I Rp6.500, Gol. II Rp9.500, Gol. III Rp13.000, Gol. IV Rp 16.000 dan Gol. V Rp19.500.

Dwi berharap pasca-perubahan sistem transaksi dapat mengurai kepadatan Jalan Tol Jagorawi, karena simpul kepadatan di GT Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama dihilangkan sehingga lalu lintas terdistribusi di beberapa titik.


(UDA)