Mobil Klasik

Aston Martin DBR1 1959, Mencari Tuan Baru

Rifki Rahman    •    Selasa, 11 Jul 2017 07:25 WIB
mobil klasik
Aston Martin DBR1 1959, Mencari Tuan Baru
Aston Martin DBR1 bakal mencari tuan baru.

Metrotvnews.com: Aston Martin DBR1 mencari tuan baru. Mobil yang tenar dengan performanya di ajang balapan tersebut adalah mobil balap yang jadi idola hingga saat ini lantaran punya nilai historis tinggi. Ia adalah pemenang dalam ajang balap 1.000 km Nurburging pada 1959.

Dalam ajang itu, Aston Martin DBR1/300 memimpin dengan catatan 7 jam 33 menit 18,44 detik yang dikemudikan Stirling Moss dan Jack Fairman. Keduanya menjuarai ajang itu dan mengangkat Aston Martin menduduki peringkat ke-3 di F.I.A World Sport Car Championship.

Kini dengan umurnya yang sudah renta, mobil ini bakal mencari pemilik barunya dengan sistem lelang. Mobil tersebut sempat dimiliki beberapa generasi. Mereka adalah Caroll Shellby, Stirling Moss, Roy Salvadori, dan Reg Parnell.

Dalam ajang Hammer pada Agustus nanti di RM Sotheby's Monterey, sejarah mobil ini akan dikulik. Terutama bagaimana performanya mobil ini bisa menjuarai Nurburging 1000 km.

Perkiraan sementara, mobil ini akan terjual lebih dari $20 juta dan bakal menjadi mobil paling mahal di Inggris saat ini. Bukan hanya karena umur, para pendahulunya termasuk menjadi pengaruh popularitas mobil tersebut.

Faktanya, sang juara tersebut bakal mengalahkan rekor penjualan lelang milik XKD 501 yang melelang jaguar D-type seharga $21,780,000.

DBR1 bernomor mesin RB6/300/3 dengan 6 palang serta 5 transmisi manual dan menjadikan mobul ini adalah produksi paling terbaik yang di buat oleh R.S William semenjak DBR1 mulai dibuat.

Lelang ini akan dibuka secara umum dan bagi siapapun yang membawa lembaran dolarnya untuk mendapatkan sang juara. Bagi kolektor mobil klasik, lelang ini juga menghadirkan Aston Martin Ulstrer dan Aston Martin DB4 GT.


(UDA)