Dakar Rally 2019

Konsisten Pakai Peugeot, Sebastien Loeb Tercepat di Etape-2

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 09 Jan 2019 07:08 WIB
toyotapeugeotbalap mobilminidakar rally
Konsisten Pakai Peugeot, Sebastien Loeb Tercepat di Etape-2
Ganasnya lintasan etape kedua Dakar Rally 2019. Dakar

Peru: Rally Dakar 2019 masuk etape 2, persaingan diantara pereli papan atas pun mengalami dinamika ketika menyusuri trek terpanjang di reli ini. Lintasan sepanjang 553 kilometer menyuguhkan trek berpasir yang diramu dengan trek pantai.

Begitu mereka berhasil melewati kesulitan bukit pasir Ica, para pembalap langsung menuju ke Samudra Pasifik dan mengikuti pantai sejauh 100 kilometer, melewati bukit pasir kecil dan pantai berpasir. 

Pada lintasan cepat menuju utara dimanfaatkan dengan sempurna oleh Sebastien Loeb, yang berhasil menjaga kecepatannya dalam 50 kilometer terakhir melalui bukit-bukit pasir Ocucaje, tepat sebelum garis akhir. 

Alhasil, Loeb yang bernaung di tim PH-Sport berhasil finis pertama. Pembalap asal Alsace itu tampil optimal dan sempurna dengan tidak melakukan kesalahan sedikitpun, saat bertahan melawan pesaingnya dari X-Raid Team, Nani Roma yang finis di urutan kedua dengan selisih waktu hanya 8 detik di belakang Loeb.


Di stage kedua ini persaingan 10 besar juga berjalan sengit dengan penampilan impresif Harry Hunt. Pembalap Inggris ini kembali ke level terbaiknya setelah cedera leher pada akhir 2016, tetapi pada etape ini berhasil menunjukkan bahwa ia benar-benar tahu bagaimana menangani Peugeot 3008 DKR Maxi yang dipercayakan kepadanya tahun ini, sebagai rekan setimnya Sebastien Loeb. Hunt meraih posisi ke-9 di etape pertama, dan di etape kedua ini berhasil finis di posisi ke-7. 

Sementara pembalap Toyota Gazoo Racing Afrika Selatan, Nasser Al-Attiyah yang juara di etape pertama, kini harus puas berada di urutan ke-11, dan pembalap X-Raid Mini JCW Team, Stephane Peterhansel di urutan ke-17, yang artinya kedua pembalap ini harus yang tersingkir dari posisi 10 besar.

“Saya terjebak di tempat yang sangat buruk. Bagi kami itu bukan tahap yang mudah. Kami mulai dengan beberapa masalah listrik di dalam mobil, tidak ada mikrofon, tidak ada AC, tidak ada wiper, tidak ada yang ok. Saya kehilangan konsentrasi sedikit dan setelah saya terjebak di tempat yang sangat buruk. Kami senang karena Cyril berhenti untuk kami dan menarik kami keluar. Pada akhirnya kami kehilangan banyak waktu, tetapi tanpa bantuan Cyril saya pikir kami mungkin masih berada di tempat yang sama, jadi tidak apa-apa," kata Peterhansel seperti dikutip Dakar.com

Hasil etape 2 Dakar Rally 2019:
1. Sebastian Loeb, PH-Sport, 3 jam 26 menit 53 detik
2. Nani Roma, X-Raid Team, +8 detik 
3. Bernhard Ten Brinke, Toyota Gazoo Racing SA, +1 menit 20 detik
4. Giniel e Villiers, +1 menit 31 detik
5. Yazeed Al-Rajhi, X-Raid Team +2 menit 33 detik


(UDA)