Aksesoris Otomotif

Peredam Mesin Diesel, Reduksi Gemuruh di Frekuensi Rendah

Ahmad Garuda    •    Senin, 29 Oct 2018 19:03 WIB
aksesoris otomotif
Peredam Mesin Diesel, Reduksi Gemuruh di Frekuensi Rendah
Mobil bermesin diesel butuh peredam khusus untuk reduksi suara dan getar yang masuk ke kabin. medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Salah satu penyebab banyak orang yang ogah memasukkan mobil bermesin diesel untuk mobil keluarga, bukan lagi karena mobil ini rentan mengepulkan asap hitam. Namun lebih ke suara dan getar di kabin.

Hal ini pun dinilai menjadi sebuah kelemahan, kendati beberapa produsen mobil bermesin diesel, sudah mampu melakukan reduksi getar dan memperhalus suara yang keluar dari mesin tersebut. Tapi masih ada satu hal yang sebenarnya cukup ampuh, yaitu memasang peredam tambahan khusus mesin diesel di mobil.

"Khusus untuk mobil bermesin diesel, saya sarankan untuk memakai peredam khusus yang dipasang di lantai pengemudi dan penumpang depan. Mengingat di bagian inilah yang paling besar mendengar suara di frekuensi rendah dari mesin diesel, berikut getarannya," klaim CEO PT Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja pada Minggu (28/10/2018) di Mangga Dua Square saat berbicara kepada Medcom.id.

Ia menjelaskan tentang suara dan getar dari mesin diesel, adalah merambat melalui rangka dan pilar-pilar mobil. Sehingga tahap pertama yang harus dilakukan untuk merekduksi suara yang masuk ke kabin adalah memasang peredam dasar di pilar-pilar dan door trim.

Kemudian tahap berikutnya adalah memasang karpet peredam khusus mesin diesel yang bekerja di frekuensi rendah. Pemasangan disarankan di bagian depan seperti posisi pengemudi dan penumpang depan.

Wahyu menegaskan bahwa peredam khusus untuk mesin diesel ini sangat ampuh untuk mereduksi suara mesin dan getrarannya yang masuk ke kabin. Kalau sudah lebih senyap, maka tak ada lagi alasan untuk tidak tergiur dengan kelebihan yang ditawarkan jenis mesin tersebut.


(UDA)