Hypercar

AM-RB 001, Hypercar Karya Adrian Newey

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 19 Oct 2016 10:15 WIB
aston martin
AM-RB 001, Hypercar Karya Adrian Newey
AM-RB 001 segera dipasarkan 2018 mendatang. Aston Martin

Metrotvnews.com: Ada beberapa pabrikan mobil yang fokus membuat hypercar pada saat ini. Beberapa di antaranya ada Lykan, Pagani, Koenigsegg, Saleen, McLaren, Mercedes dan Bugatti.

Aston Martin yang dikenal dengan supercar mewah dan canggih tak mau ketinggalan meracik hypercar. Mereka berhasil menciptakan hypercar bernama AM-RB 001 dengan kerja sama dengan produsen minuman Red Bull yang memiliki tim balap F1.

Ada tiga orang di balik pengembangan mobil ini. Adrian Newey yang menjabat Red Bull Racing Chief Technical Officer dan salah satu pencipta mobil Formula 1 tersukses bekerjasama dengan Marek Reichman  (Aston Martin EVP dan Chief Creative Officer) serta David King (VP dan Chief Special Operations Officer).

Reichmand dan Newey bekerja di seluruh aspek mobil ini. Mereka memastikan AM-RB 001 punya performa dan fungsi terbaik serta nyaman digunakan di jalan umum. Namun mobil tersebut masih tetap buas ketika berada di trek balap.

Struktur bodi serat karbon dipilih dengan desain aerodinamis untuk mencapai downforce (gaya tekan) yang baik. Uniknya tak ada spoiler besar di buritan untuk membantu downforce mobil.

Newey mendesain dasar mobil supaya bisa mendapatkan downforce bagus. Dengan begitu, ia memudahkan Reichman merancang desain bodi mobil ini agar terlihat simpel dan dinamis sebagai ciri khas Aston Martin.

AM-RB 001 memiliki posisi mesin mid-rear, naturally aspirated V12 dengan power to weight ratio 1:1. Artinya, 1 tenaga kuda dari mesin cuma menanggung beban 1 kilogram. Namun, angka pasti output tenaga dan torsi tak disertakan dalam rilis resmi Aston Martin.

"Saya memendam keinginan mendesain mobil jalanan. Hebatnya, saya bisa merealisasikan ambisi tersebut. Tapi saya percaya harus bekerja dengan pabrikan mobil. Aston Martin salah satu yang saya inginkan," papar Newey.

"Selain itu, Red Bull punya kemampuan mengandel aspek performa. Sedangkan Aston Martin berpengalaman membuat mobil GT yang cantik, cepat,dan nyaman," sambungnya.

Mobil ini akan dirakit di fasilitas milik pabrikan Inggris di Gaydon, Inggris. Kabarnya, AM-RB 001  akan dipasarkan pada 2018. Rinciannya dijual antara 99 sampai 150 unit, dengan 25 di antaranya versi balap. 
 


(HIL)