Tokyo Motor Show

Bus Ramah Lingkungan Toyota Ini Berbahan Bakar Air

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 27 Oct 2017 11:01 WIB
toyotatokyo motor show
Bus Ramah Lingkungan Toyota Ini Berbahan Bakar Air
Toyota Sora jadi bus ramah lingkungan dengan sisa bahan bakar berupa air. Toyota

Metrotvnews.com: Selain menampilkan sejumlah mobil konsep, Toyota juga menghadirkan konsep bus masa depan yang ramah lingkungan yakni Sora. Bus ini rencananya akan disiapkan 100 unit untuk versi produksinya jelang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Bus perkotaan ini dikembangkan Toyota dengan dua ide dasar, karakteristik unik dari unit berbahan bahar fuel cell, dan untuk menunjang kenyamanan penumpang menikmati perjalanan dengan bus.

Teknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS) dikembangkan dari teknologi Toyota Mirai. Dengan bahan bakar hidrogen, sisa pembakarannya akan berupa air. Bus ini dilengkapi dengan suplai listrik yang besar, dan daya cadangan ketika darurat.

Menunjang keamanan bus, delapan kamera terpasang pada sisi dalam dan luar untuk mendeteksi pejalanan kaki, atau pesepeda sekitar bus. Hasil pandang kamera ini akan membantu pengemudi dan memberikan signal suara agar supir lebih waspada.

Karena bus ini digunakan setiap saat sebagai bus perkotaan, Toyota memberi kenyamanan, kelengkapan dan tingkat keamanan terbaik agar penumpang merasa aman. Bus ini dilengkapi dengan kursi horizontal otomatis, untuk memberi tempat untuk pengguna kursi roda atau kereta bayi.

Bus ini di tenaga motor tipe AC synchronous, dengan sepasang motor yang masing-masing bertenaga 151,8 daya kuda, dengan torsi 335 Nm. Bus ditunjang dengan tangki hidrogen sebesar 600 liter.


(UDA)