Mobil Klasik

Holden Kingswood HZ 1979 Ini, Lolos dari Lorong Waktu

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 06 Nov 2017 11:54 WIB
mobil klasik
Holden Kingswood HZ 1979 Ini, Lolos dari Lorong Waktu
Holden Kingswood HZ 1979 full orisinil. Carscoops

Metrotvnews.com: Penemuan Holden Kingswood HZ 1979 di Adelaide, Australia ini sangat mengejutkan para pecinta otomotif. Penampakannya bagaikan mobil yang keluar dari lorong waktu, dengan tampilan yang masih full orisinil baik luar maupun dalam.

Menurut Warren Edwards, fotografer yang juga teman keluarga pemilik mobil saat ini mengatakan, sebelum terdiam lama di garasi, Holden tersebut dibawa keluar hanya sekali pada 1985 untuk mengganti komponen alternator-nya. Setelah itu mobil kembali terparkir seperti semula di garasinya.

Edward bercerita, ayah pemilik mobil saat ini sangat menyukai Holden-nya, tapi karena sakit Dia tidak bisa mengemudikannya hingga akhir hidupnya. Sejak saat itu anak-anaknya hanya membiarkan mobil kenangan sang ayah terdiam di garasi.

Ada yang menarik, kata Edward, Holden yang di foto itu adalah pertama kalinya keluar dari garasi selama bertahun-tahun. Edward terkejut bahwa ban masih ada udara atau tidak kempes dan bergerak saat didorong keluar.

Hal menarik lainnya, Holden Kingswood HZ yang dibekali mesin V8 4.2 liter yang diklaim bertenaga 161 daya kuda, punya odometer yang baru menunjukkan angka 900 km. Bahkan ban serep yang belum pernah digunakan.

Sebagai informasi, GM Holden Ltd, atau lebih dikenal dengan Holden, adalah sebuah produsen mobil asal Australia. Holden didirikan pada 1856 yang awalnya sebagai sebuah produsen pelana di Australia Selatan. 

Pada 1908, Holden berubah menjadi produsen mobil, sebelum akhirnya menjadi anak perusahaan dari General Motors (GM) pada 1931. Beberapa model Holden yang populer adalah Holden Kingswood HZ , Belmont, Premiere dan Commodore.


(UDA)