Mobil Konsep

Renault Twizy Concept, Perantara Mobil dan Motor Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:53 WIB
mobil konsep
Renault Twizy Concept, Perantara Mobil dan Motor Listrik
Renault Twizy Concept. Carscoops

Perancis: PSA Grup memperkenalkan mobil listrik konsep barunya yang disebut Renault Twizy. Rencananya mobil konsep ini bakal dikembangkan oleh Efficient Urban Light Vehicle( EU-LIVE), yang didanai oleh Komisi Eropa.

Dilansir dari Carscoops, pengembangan Twizy merupakan bagian dari rencana 'Push-to-Pass' untuk memberikan solusi mobilitas baru, yang akan mengisi slot antara segmen kendaraan roda dua dan roda empat. 

Secara keseluruhan dimensi Twizy memiliki panjang 2,4 m dan lebar 0,85 m, dan dilengkapi sepasang pintu gunting, untuk memaksimalkan efisiensi lahan parkir yang terbatas atau sempit. 

Menurut pabrikan mobil Prancis, Twizy dilengkapi kabin berpemanas dan fitur keamanan seperti airbag dan seatbelt. Meski penampilannya mirip skutik, dalam mengoperasikannnya Twizy tidak memerlukan perpindahan gigi.

PSA mengklaim bahwa konsep ini mudah dikendarai layaknya skuter tiga roda, berkat mekanisme kemiringannya yang menawarkan penanganan yang lebih baik, dan roll-control technology yang memanfaatkan komponen hidrolik dan suspensi hidropneumatik.

Sumber tenaga berasal dari drivetrain hibrida plug-in, yang menggabungkan mesin bensin satu silinder bertenaga 42 daya kuda dan dua motor listrik di roda yang dikembangkan oleh Elaphe dan Brembo. Ditambah baterai listrik 48 volt yang dirancang oleh Samsung SDI. 

Dalam uji cobanya, kemampuan baterai Twizy memiliki jangkauan sejauh 300 km, termasuk 70 km dalam mode zero-emission. Sedangkan kecepatan puncaknya bisa mencapai 130 km per jam.


(UDA)