Pameran Otomotif,

Edukasi Teknologi, Wajib di Pameran Otomotif

Ekawan Raharja    •    Rabu, 23 May 2018 09:31 WIB
pameran otomotifgiias
Edukasi Teknologi, Wajib di Pameran Otomotif
Giias selalu dihadirkan oleh Gaikindo setiap tahun. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Pameran otomotif di era modern, memang menuntut ragam konsep yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan teknologi otomotif. Hal ini pun yang ditegaskan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Pameran otomotif yang mereka gelar secara rutin tahunan, yaitu GIIAS, pun dari tahun ke tahun menyesuaikan diri.

Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, menjelaskan di GIIAS 2018 akan mengangkat tema Beyond Mobility. Hal ini dimaksudkan sebagai gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

"Di sini tempat masyarakat Indonesia untuk bisa melihat-lihat teknologi otomotif yang ada saat ini. Kemudian pameran otomotif ini juga diharapkan bisa menarik perhatian para produsen mobil untuk membawa teknologi terbaru mereka untuk masuk ke Indonesia," ujar Yohannes Nangoi Selasa (22/5/2018) di Century Park Hotel Jakarta.

Bahkan di sela-sela pameran otomotif ini, juga akan menyelenggarakan Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) yang akan membahas isu-isu otomotif saat ini. Kali ini Gaikindo beserta anggota mereka akan membahas mengenai pembahasan tentang emisi dan Euro4 yang dalam waktu dekat akan diimplementasikan di Indonesia.

“Gaikindo ingin agar konferensi ini dapat memberi wawasan tentang isu industri otomotif Indonesia terkini, salah satunya adalah implementasi peratuan pemerintah tentang Euro 4, sangat penting untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia menuju industri global, menuju Beyond Mobility,” ujarnya.
 
Nangoi juga menambahkan industri otomotif Indonesia harus terus menjadi sumber agen perubahan di bidang transportasi darat dan mempersiapkan publik terhadap perkembangan industri otomotif global yang sangat pesat, dan Indonesia tentunya perlu mencermati perkembangan tersebut.

Selain itu Gaikindo juga mendorong anggotanya yang juga adalah peserta GIIAS untuk menghadirkan teknologi otomotif masa depan yang mencerminkan tema Beyond Mobility, untuk memberikan inspirasi kepada para pengunjung GIIAS 2018. Informasi dan edukasi mengenai fitur teknologi otomotif akan ditampilkan dalam kemasan menarik agar mudah dimengerti publik.

GIIAS 2018 akan berlansung pada 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Bahkan pameran otomotif ini juga mendapatkan dukungan dari Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA), yang artinya pameran di Tangerang ini akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari dunia internasional, menjadi bench mark nasional, serta menjadi barometer dan inspirasi dunia internasional khususnya Asia Pasifik.


(UDA)