Peristiwa Otomotif

Aurus Senat, Mobil Kepresidenan Rusia

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 31 Aug 2018 10:24 WIB
mobil baru
Aurus Senat, Mobil Kepresidenan Rusia
Aurus Senat merupakan mobil produksi Rusia sendiri. Paultan

Moskow: Umumnya pemimpin tertinggi negara menggunakan Mercedes-Benz atau BMW sebagai mobil yang digunakan oleh sang presiden. Namun ada pula presiden dari sejumlah negara yang pakai produk buatan dalam negeri, Vladimir Putin misalnya.

Presiden negara yang baru-baru ini sukses menggelar Piala Dunia 2018 itu, bahkan punya mobil kepresidenan baru yakin Aurus Senat. Merek ini memang terdengar asing, karena merupakan racikan Rusia yang juga berstatus brand mobil mewah disana.

Nama Aurus sendiri punya dua arti kata, yakni aurum dalam bahasa latin berarti emas, dan rus untuk Rusia. Mobil ini dikembangkan oleh Russian  Central Scientific Research Automobile and Automobile Engines Institute (NAMI).

Desainnya sepintas mirip dengan Rolls-Royce, mulai dari lekuk lampu depan serta grill besarnya. Interiornya pun mewah dengan jok berlapis kulit, setir two spoke, panel digital dan banyak lagi.

Yang menarik mobil ini juga ada versi massalnya, yang tak dilengkapi dengan perlindungan anti peluru. Aurus merilis Senat standar dan Senat Limousine, yang pastinya punya dimensi lebih panjang.

Kedua varian ini sama-sama dibekali mesin 4.400cc V8 hybrid, dengan sokongan turbocharged. Tenaga 598 daya kuda serta torsi 880 Nm dihasilkan mesin ini. Motor listriknya sendiri menambah tenaga 40 daya kuda.

Tenaga ini disalurkan menuju empat roda dengan transmisi sembilan percepatan. Sebenarnya ada versi mesin lebih besar, 6.600cc V12, namun saat ini sedang dalam proses pengembangan. Kedua mesin ini dikerjakan bersama dengan Porsche.


(UDA)