Info Mudik

LH-6 Lebaran, Jumlah Kendaraan Meningkat Drastis di Tol

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 10 Jun 2018 10:55 WIB
lalu lintas
LH-6 Lebaran, Jumlah Kendaraan Meningkat Drastis di Tol
Kendaraan yang meninggalkan Jakarta menigkat. Jasmar

Jakarta: Hingga H-6 lebaran tepatnya Sabtu 9 Juni 2018, terpantau 109.165 kendaraan telah keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Jumlah tersebut meningkat 55,4 persen volume lalin normal yaitu 70.230 kendaraan.

Hari ini atau H-5, Minggu 10 Juni 2018 Jasa Marga memprediksi 109.115 kendaraan akan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama. Angka tersebut naik 85 persen dari volume lalin normal, 58.851 kendaraan. 

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melakukan mudik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Layanan top up tunai di gerbang tol hanya dilakukan dalam kondisi darurat.

Selain itu, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menegaskan truk yang tidak mengangkut sembako maupun bahan bakar minyak (BBM) dilarang melintas jalur arteri maupun tol di wilayah Cirebon, Jawa Barat, mulai Minggu, 10 Juni. Hal itu guna mengatasi kepadatan lalu lintas yang mulai memasuki musim mudik lebaran.

Selain banyaknya truk besar, sejumlah pasar tumpah di Cirebon juga menjadi faktor terjadinya kepadatan. Misalnya, di kawasan Pasar Tegal Gubug. Suhermanto juga memastikan, pasar sandang terbesar di Asia Tenggara itu berhenti beroperasi sementara mulai hari ini.  "Jadi nanti tidak mengganggu arus mudik,” ujarnya.

Kepolisian mencatat, sudah terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur tol dan arteri di Cirebon. Namun Ia memastikan, kondisi arus lalu lintas masih bisa dikontrol.


(UDA)