Industri Otomotif

Daihatsu Sigra Siap Invasi India

Ekawan Raharja    •    Rabu, 14 Sep 2016 14:57 WIB
daihatsu
Daihatsu Sigra Siap Invasi India
Daihatsu Sigra akan dipasarkan di India untuk merusak dominasi Suzuki Karimun Wagon R dan Hyundai i20. MTVN/Ainto Harry Budiawan

Metrotvnews.com: Daihatsu akan masuk ke pasar otomotif India dalam beberapa tahun ke depan. Rencananya merek mobil asal Jepang ini akan memulai penjualan di 2019 dengan menawarkan Sigra.

Langkah ini diambil untuk mengganggu pasar mobil berukuran kecil yang sudah lama dikuasai Hyundai dan Suzuki. Daihatsu saat ini diketahui memiliki fokus untuk berbinis mobil-mobil berukuran compact, setelah sahamnya dikuasai 100 persen oleh Toyota.

Stretagi memasukan produk mobil kecil Daihatsu juga pernah dilakukan oleh Toyota sekitar 2006 silam. Namun strategi ini tak berhasil lantaran Daihatsu dan Toyota berbeda pendapat. Kondisi saat ini sudah tentu berbeda dan mereka akan kembali mencoba strategi di 2006 silam.

Sebagai awalan, Toyota bakal mulai menjual Sigra di dealer-nya, sama seperti strategi yang dilakukan Nissan dan Datsun. Tapi setelah Daihatsu diperkenalkan, maka produk Toyota Daihatsu akan dijual secara terpisah. Diharapkan kehadiran Sigra dapat merusak dominasi yang selama ini dikuasai Suzuki Karimun WagonR dan Hyundai i10.

Belum diketahui untuk kondisi awal ini, Sigra akan diproduksi di India atau mengambil dari Indonesia. Karena saat ini, baru pabrik Daihatsu di Indonesia yang memproduksi Sigra.

Sigra dibekali dengan dua mesin,  mesin 1KR-VE 1.000 cc bertenaga 66 daya kuda (dk) dengan torsi 89 Nm atau mesin 3NR-VE bertenaga 86 dk dengan torsi 108 Nm. Mobil LCGC penantang Datsun Go+ Panca ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp106,6 juta hingga Rp147,350 juta.


(UDA)