Mobil Konsep

Kepak 'Sayap' Dramatis Lincoln Navigator Concept

Hilman Haris    •    Selasa, 22 Nov 2016 17:08 WIB
la auto show 2016
Kepak 'Sayap' Dramatis Lincoln Navigator Concept
Lincoln Navigator Concept 2018. AFP PHOTO/Jewel Samad

Metrotvnews.com: Meski bukan penampilannya yang pertama, Lincoln Navigator Concept masih menjadi salah satu yang paling menarik perhatian dalam pameran Auto Mobility, Los Angeles, AS. Selain kebangkitannya setelah 'mati suri' selama satu dekade, juga kepakan 'sayap' yang unik.

Bukaan pintu model gull-wing seperti itu pertamakalinya dipopulerkan oleh roadster Mercedes-Benz 300 SL (1954) yang ikonik. Lincoln menjadi pabrikan pertama yang menyematkan gull-wing ke SUV. Mencoloknya lagi, pintu yang membuka ke atas secara elektronis itu sekaligus untuk kabin depan dan belakang. Alhasil SUV berkapasitas enam penumpang ini hanya punya dua pintu.

Semakin out of the box adalah munculnya pijakan kaki berupa tangga yang muncul seiring membukanya pintu. Berkat tangga 'ajaib' ini maka nona dan nyonya berkebaya atau bergaun panjang nan ketat tidak akan kesulitan menaklukkan ground clearence tinggi khas SUV.

Tidak kalah dramatis adalah 'lemari' di area kargo. Layaknya sebuah lemari pakaian di kamar, di sini juga ada kompartemen untuk menggantung jas, sepatu bahkan kacamata dan jam tangan. Tidak ketinggalan beberapa laci untuk menyimpan kemeja, kaus kaki dan pakaian dalam.



Pintu, lemari dan tangga yang dramatis itu seolah menjadi kompensasi terhadap sosok Lincoln Navigator Concept yang seolah ketinggalan belasan tahun dibanding SUV mewah lainnya. Cenderung boxy dan minim garis body mengingatkan kepada Range Rover Vouge. Eksterior jadul itu toh tidak akan jadi masalah lagi setelah kita sudah berada di dalam kabinnya yang elegan dan bertabur fitur canggih.

Fitur teknologi pre-collision yang mendeteksi keberadaan pejalan kaki, radar dan kamera untuk memantau kondisi lalu lintas di sekitar dalam radius tertentu sehingga bisa menghindar dari kemacetan serta bahaya kecelakaan. Sistem lane keeping akan menggetarkan kemudi sebagai peringatan kepada pengemudi bila kendaraan mendadak nyelonong ke jalur sebelah. Ada pula kamera 360 yang membantu pengemudi memarkir Lincoln Navigator Concept.

Sumber tenaganya dipercayakan kepada EcoBoost V6 3.5 lt racikan Ford yang terkenal efisien untuk ukuran mesin berkekuatan 400 daya kuda. Lincoln menargetkan Navigator Concept masuk jalur produksi massal selambatnya pada 2018 mendatang. Fisik dan mesinnya akan sama persis dengan versi konsep, kecuali beberapa fitur terpaksa ditanggalkan untuk membuat harga jualnya lebih masuk akal.



"Di antaranya pintu gull-wing dan tangga yang ditiadakan. Memang keren, tapiuntuk pameran saja, kan interiornya jadi lebih lebih terlihat menarik dengan bukaan pintu seperti itu," kata Presiden Lincoln, Kumar Galhotra, sebagaimana dikutip dari car&drive.com

Navigator adalah SUV mewah yang Lincoln perkenalkan pada 1997 silam dan mendapat sambutan positif dari konsumen kaya raya AS. Sayangnya keberuntungannya tidak bertahan lama, penjualannya rontok hingga 70 persen sebagai dampak krisis ekonomi global 1998. Tidak berbeda dengan pabrikan otomotif lain di AS, sejak itu Lincoln bagai hidup segan mati tak mau.

 


(LHE)