Tips Mobil

Kenali Jenis Ban yang Sesuai untuk Mobil Anda

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 03 Nov 2016 09:59 WIB
tips mobil
Kenali Jenis Ban yang Sesuai untuk Mobil Anda
Kenali sebelum mengganti ban mobil. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ingin mengganti ban mobil? Sebaiknya pahami dan kenali terlebih dahulu jenis ban yang Anda gunakan. Sebab saat ini banyak jenis ban dengan spesifikasi yang beragam. Pemilihan jenis ban yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan harus dilakukan agar kinerja mobil lebih optimal. Artinya, sesuaikan pilihan Anda dengan tipe jalan yang sehari-hari akan dilalui.

Mus Mulyadi, sebagai Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur membagi ilmunya tentang ban. Di antaranya tips memilih jenis ban yang tepat dan sesuai untuk mobil Anda.

Berikut beberapa istilah penamaan ban yang harus diketahui, agar tidak salah beli:

• Passenger car atau mobil penumpang seperti SUV/MPV biasanya direkomendasikan untuk menggunakan jenis ban yang memiliki kode P. Selain itu terdapat kode S: yang menunjukan kecepatan ban ini mencapai 180 km per jam. Ban jenis ini memiliki rasio yang rendah antara 50, 60, 65. Ban jenis ini banyak dipakai untuk harian dan dapat digunakan jangka panjang.

• Tipe A/T (All Terrain): Ban jenis ini didesain untuk pemakaian di tanah, kerikil, dan jalan berair. Tetapi tidak mumpuni untuk penggunaan di medan berat seperti off road. Untuk pemakaian di aspal, ban jenis ini masih terbilang cukup nyaman karena tidak menimbulkan suara sekeras tipe M/T.

• Tipe M/T (Mud Terrain): Ban jenis ini desain khusus untuk off road. Jadi ban sanggup melibas medan berat  berlumpur, berpasir dan bebatuan, serta melibas genangan air. Ban ini biasa disebut ban pacul karena memiliki corak/motif kembang yang besar seperti bentuk tahu. Namun tidak disarankan memakai ban jenis ini di jalan aspal karena tidak nyaman, bahkan licin, serta daya cengkeram ban kurang baik terutama di jalan yang basah.

• Tipe H/T (High Terrain): Ban jenis ini didesain khusus untuk pemakaian di jalan aspal sehingga corak/motif kembangnya lebih halus. Ban ini cocok digunakan pada mobil MPV seperti Innova, Terios, Rush, Avanza, termasuk Pajero.

Selain beberapa tips di atas, perhatikan juga kode ban lainnya, misalnya: 195/55 R15 84 V. Angka 195 menunjukan lebar penampang ban, 55 merupakan aspek rasio (ketebalan profil ban&lebar telapak ban), dan R menunjukan konstruksi ban radial.

Ada pula konstruksi ban bias dengan kode strip (-) yang biasanya untuk kendaraan jenis angkutan umum. Angka 84 menunjukan index beban dan huruf  V melambangkan kecepatan ban ini mencapai 240 km per jam.

"Pemakaian pelek atau ban cenderung buat style pada saat ini. Pilih dan gunakan ban sesuai peruntukan. Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan kondisi medan/jalan bisa membuat ban tidak bisa ngerem," saran Mus Mulyadi.


(HIL)