Mobil Baru

Velar, Adik Bungsu Range Rover Mengaspal di Indonesia

Ahmad Garuda    •    Jumat, 08 Sep 2017 16:38 WIB
land rover
Velar, Adik Bungsu Range Rover Mengaspal di Indonesia
Range Rover Velar, si adik bungsu yang sangat futuristik. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Optimisme Jaguar Land Rover di Indonesia, terbukti. Meski pasar otomotif diprediksi stagnan, namun mereka masih mampu memanfaatkan pasar mobil premium dengan sangat baik. Bahkan semakin agresif dengan meluncurkan Rang Rover Velar varian awal.

Adik bungsu Range Rover yang posisinya berada di antara Evoque dan Sport itu mengusung konsep elegant simplicity, a visually reductive approach and pioneering consumer technology, juga jadi tag line mobil ini.

“Mobil ini membawa dimensi kemewahan, modern dan keanggunan baru dalam keluarga Range Rover. Velar menawarkan tingkat kemewahan, kesempurnaan, sekaligus kemampuan di segala medan yang belum pernah ada di kelas SUV mid-size. Ini adalah tipe terbaru Range Rover untuk tipe konsumen baru,” ujar Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Roland Staehler, sebagai APM JLR di Indonesia.

Desain futuristik daripada kakak-kakaknya, membuat Velar jadi yang paling aerodinamis

Sosok Velar tampil dengan pendekatan yang sederhana dan memberikan perhatian lebih terhadap detailnya. Secara desain, mobil ini dirancang dengan keseimbangan antara proporsinya yang kekar dengan sosoknya yang elegan khas Range Rover.

Wheelbase (2.874 mm) memberikan kontribusi yang berharga bagi ruang kabin yang lapang. Sosok kekarnya semakin ditegaskan dengan penggunaan velg berukuran 22 inci yang menjadikan sosoknya semakin dramatis.

Teknologi terkini menjadi salah satu bagian penting dari kelahiran Velar, salah satunya adalah lampu full-LED di depan dengan desain paling ramping di antara keluarga Range Rover. Handle pintu flush deployable memberikan kontribusi terhadap nilai aeodinamika mobil. Perhitungan koefisien hambatan angin hanya 0,32 cd, membuat Velar sebagai Land Rover paling aerodinamis-efisien yang pernah diproduksi.

Hal yang menjadi pusat perhatian di dalam kabin adalah sistem entertainment Touch Pro Duo dengan layar sentuh 10 inci high-definition yang berpadu ideal dengan seluruh arsitektur kabin.

Bagian yang paling cantik, adalah door handle-nya sudah motorize untuk menjaga pola aliran udara

Keunggulan di dalam kabin masih ditambah oleh kepraktisan yang ditawarkan oleh Velar. Tak hanya lapang untuk mengangkut lima penumpang di dalam, ruang bagasi Velar mampu mengangkut hingga 632 liter.

Di balik kap mesinnya, JLR Indonesia memberikan dua pilihan mesin, yaitu mesin 4-silinder 2,0 liter serta mesin V6 3,0 liter yang sama-sama berbahan bakar bensin. Mesin baru Ingenium 2,0 liter ini memiliki tenaga puncak 250 PS dan torsi 365 Nm yang dapat mengantarkannya berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 6,7 detik.  

Tak hanya bagian luar, di dalam kabin juga dipenuhi berbagai macam perangkat pendukung yang serba canggih

Sementara penggunaan mesin V6 3,0 liter dengan suntikan supercharger, mampu menghasilkan tenaga puncak 380 PS dan torsi maksimal 450 Nm. Disandingkan dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF, Velar V6 3.0 liter ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam (dibatasi).

Di Indonesia, Range Rover Velar tersedia dengan pilihan mesin 2.0 R-Dynamic SE berbanderol Rp2.050,000,000 dan 3.0 R- Dynamic SE yang dibanderol seharga Rp2.350.000.000. Semua harga di atas adalah harga off the road, atau harga sebelum penambahan beban pajak.

Tipe awal hanya 4 unit dan menggunakan mesin dengan kapasitas 3.000 cc


(UDA)