Peristiwa Unik

Hino Datangkan Truk Juara Reli Dakar ke Indonesia

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 07 Jun 2017 17:22 WIB
peristiwa unik
Hino Datangkan Truk Juara Reli Dakar ke Indonesia
Truk Hino Dakar Rally sudah tiba di Indonesia. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Dengan kehandalan dan ketangguhan truknya, Hino menjadi satu-satunya brand asal Jepang yang turut serta dalam Reli Daka 2017.  Bahkan, Tim Hino Dakar Rally yang dipimpin Yoshimasa Sugawara, berhasil menjuarai kategori under 10-Litre Class selama delapan tahun berturut-turut dari 2010 sampai tahun 2017.

Prestasi yang diraih di ajang balap mobil bergengsi Dakar ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Hino. Tak heran, jika pabrikan mobil komersial asal Jepang mendatangkan langsung truk yang dipakai di Dakar Rally 2017 untuk dipamerkan kepada khalayak ramai.

Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Hiroo Kayanoki pun menegaskan, jika satu unit truk Hino Dakar Rally tipe Hino500 Series, sudah tiba di Indonesia yang sekarang dipajang di showroom Hino, di MT Haryono, Cawang, Jakarta Selatan. Rencananya truk ini juga kan dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus mendatang.

“Hino truk Dakar Rally selalu berhasil menyentuh garis finish. Ini menjadi bukti kekuatan truk Kami, yang secara terus menerus kami lakukan improvement. Inilah yang menjadi spirit quality, durability and reliability Hino truk yang kami terapkan juga di truk kami di Indonesia,” kata Kayanoki, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Sebagai informasi, di Reli Dakar 2017 Hino mengirimkan dua truk Hino 500 GT yang dipersiapkan dengan sejumlah modifikasi khusus. Truk 1 yang dibekali mesin A09C-TI 6-silinder segaris 8.866 cc, diklaim mampu menyemburkan tenaga 600 daya kuda. Sementara Truk 2 mendapatkan update di mesin dan suspensi seperti Truk 1. Sebelumnya, Truk 2 dibekali mesin J08C-TI 6-silinder segaris 7.961 cc bertenaga 485 dk.  

Truk yang sekarang didatangkan di Indonesia adalah truk Hino tipe Hino500 Series, yang terkenal dengan daya tahannya yang kuat dan tangguh di segala medan, dengan mesin J08C-TI berkapasitas 7.961 cc yang dilengkapi dengan turbo intercooler.

Truk yang didesain khusus untuk melibas jalur ekstrem Reli Dakar ini dipasangkan sistem penggerak roda part time four wheel drive dengan differential lock di roda depan dan belakang. Transmisi manual enam kecepatan mampu membuat truk melesat di kecepatan tertinggi 170 km per jam.

Menariknya, truk berbobot 7,4 ton ini memiliki teknologi Central Tire Inflation System Teleflow CTIS. Teknologi tersebut memungkinkan navigator untuk mengatur tekanan angin dari dalam kabin melalui perangkat komputer. Truk dikemudikan oleh Yoshimasa Sugawara merupakan pemegang Guiness World Records untuk 26 kali partisipasi dalam Reli Dakar dan 20 kali menyelesaikan reli hingga akhir.


(UDA)