Industri Otomotif

Jaguar akan Memproduksi Mobil di Luar Inggris

Ekawan Raharja    •    Minggu, 16 Jul 2017 16:48 WIB
jaguar
Jaguar akan Memproduksi Mobil di Luar Inggris
Jaguar Land Rover berencana membangun pabrik di luar Inggris. Jaguar

Metrotvnews.com: Jaguar Land Rover (JLR) merupakan pabrikan Inggris yang masih memproduksi seluruh produknya dari negara yang juga menganut sistem kerajaan kuat itu. Namun sebentar lagi, mereka juga akan memproduksi berbagai mobil di luar pabrik mereka di Inggris.

Rencananya mobil pertama yang akan diproduksi adalah Jaguar E-Pace. Kemungkinan besar nantinya mobil bergaya sport utility vehicle (SUV) tersebut bakal diproduksi di Austria atau Tiongkok.

Bahkan hal ini mereka sudah pastikan untuk membuat pabrik di salah satu negara tersebut. Mengingat tiga pabrik mereka di Inggris sudah hampir mencapai kapasitas produksi maksimal.

Selain di dua negara yang mereka sebut di atas, Slovakia juga menjadi salah satu sasaran investasi JLR. Mereka menilai bahwa produksi di luar negeri bisa memberikan keuntungan untuk ekspor.

Hal ini mengingat Inggris sudah tidak lagi bergabung di Uni Eropa. Sehingga jika mereka tetap memasok mobil-mobil ke negara di Eropa, maka pajak 10 persen siap menghadang.

Sudah pasti pengenaan pajak ini akan berdampak terhadap harga jual mobil-mobil JLR yang pasti naik. Hal ini mempengaruhi penjualan JRL di negara-negara Eropa.

Pembangunan pabrik sudah pasti akan memakan waktu yang lama, sedangkan E-Pace sudah bersiap untuk di produksi. Dalam dekat ini, Pabrikan asal Inggris tersebut bakal memproduksi E-Pace di Tiongkok dan Austria. Di Tiongkok nantinya E-Pace akan lahir dari pabrik Cerry, sedangkan Austria juga akan melahirkan mobil serupa melalui pabrik Magna International di Austria mulai 2018.


(UDA)