Industri Otomotif

Profia ZY dan ZS Otomatis, Jagoan Tambang Baru Hino

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 15 Sep 2017 07:31 WIB
hino
Profia ZY dan ZS Otomatis, Jagoan Tambang Baru Hino
Hino700 series. HMSI

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak ingin kehilangan momen, membaiknya sektor pertambangan dan infrastruktur di Indonesia dimanfaatkan sebagian brand mobil/kendaraan komersial untuk menggenjot penjualan mereka.

Menariknya, saat ini persaingan truk besar/heavy duty truck yang menyasar segmen pertambangan itu telah dilengkapi beragam fitur terbaru dan teknologi canggih.

Seperti dua varian terbaru Hino700 series, yaitu Hino Profia ZY 8x4 dan Hino Profia ZS 6x4 Automatic Transmission, yang baru dikenalkan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Hino mengklaim penggunaan transmisi otomatis dengan 16 percepatan di Hino700 series membantu dan memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan truk dengan lebih stabil dan lancar, serta meningkatkan efisiensi berkendara.

“Saat ini bisnis batubara mulai meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini dapat dilihat  dari harga batu bara acuan yang terus membaik. Untuk itu dalam membantu kelancaran bisnis pertambangan, kami meluncurkan produk terbaru ini yang memiliki  Quality, Durability, dan Reliability," kata Wakil Presiden Direktur HMSI, Alex Sutisna, melalui keterangan resminya.

Menurut Alex, Profia ZY dan ZS transmisi otomatis juga punya fitur terbaru lainnya, yaitu wheel parking brake tambahan di bagian sumbu roda belakang atau rear axle (R2), untuk membuat daya cengkram pengereman lebih kuat pada saat parkir. Sebelumnya manual parking brake hanya terdapat pada bagian front axle dan rear axle 1 (R1). Termasuk aplikasi sistem pengereman anti lock brake system (ABS) baru.

Selain itu Hino Profia ZY transmisi otomatis juga punya fitur yang disebut Transmision Intarder, yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan di kondisi jalan panjang yang menurun tanpa harus menginjak pedal rem, sehingga dapat menghemat pemakaian kampas rem. 

Berkat mesin common rail E13C-WD, Hino Profia transmisi otomatis mampu menyemburkan daya 410 PS dengan torsi maksimal 204 kgm. Pada bagian interior, Profia ZY dan ZS telah dilengkapi combination meter multi display baru dan tachometer economic zone.

Tak hanya Hino, di segmen heavy duty truck, Volvo juga membekali truknya dengan fitur teknologi I-shift dengan crawler gear baru. Kemudian ada Mercedes-Benz Axor yang diklaim punya kemampuan off road maupun on road. 


(UDA)