Lalu Lintas

Warna Plat Nomor Bakal Diubah agar Ramah CCTV

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 29 Sep 2017 14:47 WIB
lalu lintas
Warna Plat Nomor Bakal Diubah agar Ramah CCTV
Warna dasar hitam tak terlihat jelas di CCTV. MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya wilayah yang menerapkan tilang elektronik lewat kamera CCTV di lampu lalu lintas, pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan mengganti warna plat nomor kendaraan.

Hal ini untuk mempermudah plat nomor terbaca oleh kamera CCTV. Saat ini warna dasar hitam dengan huruf dan angka warna putih dianggap sulit terlihat jelas oleh CCTV.

Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan pihaknya telah melakukan studi dan menyimpulkan pelat nomor sekarang sulit untuk ditangkap kamera seperti CCTV. Warna-warna terang akan menjadi warna baru untuk plat nomor kendaraan.

Regulasi mengenai warna pelat terkandung dalam Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012. Royke mengupayakan mengubah regulasi secara bertahap. Awalnya akan direalisasikan terhadap registrasi kendaraan baru. Namun tidak terkecuali mereka yang inisiatif mengganti warna plat.

Rencananya plat nomor warna baru ini bakal mulai diterapkan pada pertengahan Oktober mendatang. Semoga bukan hanya warna plat nomornya saja yang diganti, namun juga kualitas cetakan dan pewarnaan dibuat lebih rapi. 


(UDA)