Tematis Busi

Busi Mulai tak Optimal, Apa Efek Buruk Buat Mesin?

Ahmad Garuda    •    Selasa, 11 Dec 2018 16:57 WIB
komponen otomotiftips knowledge
Busi Mulai tak Optimal, Apa Efek Buruk Buat Mesin?
Busi punya batas usia, jika tak ditganti dalam batas usia tertentu, maka akan membuat performa mesin turun. medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Banyak orang yang menyepelekan penggantian busi, khususnya karena biasanya pengguna kendaraan tidak mampu merasakan penurunan performa akibat kondisi busi yang mulai memburuk. Akibatnya, banyak hal buruk bisa terjadi. Terutama terhadap performa mesin secara menyeluruh.

Menurut Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octoviano saat berbicara kepada Medcom.id, bahwa banyak hal buruk yang bisa terjadi terhadap mesin ketika seseorang mengabaikan komponen mesin yang satu ini. Terutama yang bersentuhan langsung dengan sistem pengapian.

"Sebenarnya paling gampang mendeteksi hal buruk yang terjadi ketika busi mulai turun performanya, adalah ketika motor diajak menanjak. Biasanya dengan RPM dan kecepatan tertentu masih bisa naik, kalau busi mulai tak bagus, maka performanya akan cepat drop saat digunakan untuk menukik atau menanjak. Ini gampang sekali terdeteksi," ujar Diko.

Mesin Tidak Stabil
Gejala yang dimaksud oleh Diko adalah stabilitas pengapian di ruang bakar sudah hilang. Sehingga kinerja mesin jadi pincang atau tidak stabil. Kondisi ini membuat tenaga yang biasanya stabil digunakan untuk menanjak, kehilangan momentum. Sehingga daya puntir mesin akan lebih berat.

Akselerasi Menurun
Tidak berbeda dengan alasan pertama, lantaran daya puntir menurun, maka momentum untuk menggerakkan roda agar lebih kuat menanjak pun hilang. Hal inilah yang kemudian bisa dirasakan kurang menggigit ketika menanjak.

Boros Bahan Bakar
Lantaran pengapian yang tidak stabil, membuat pembakaran tak lagi konstan. Sementara bahan bakar dan campuran udara yang disemprotkan ke ruang bakal tetap berjalan. Kondisi ini membuat bahan bakar tidak terbakar sempurna di ruang bakar. Sehingga membuat jumlah penggunaan bbm semakin banyak. Kalau sudah begini, penggunaan BBM akan lebih boros.

Sulit Menghidupkan Mesin
Ciri paling mudah mengenali turunnya performa busi, adalah dengan sulitnya menyalakan mesin. Kondisi ini juga menjadi ciri paling gampang untuk mengenali kondisi busi yang mulai jelek. Sehingga dibutuhkan kerja keras sistem pengapian lainnya untuk membuat mesin menyala.

Kesemua efek ini jika dibiarkan, bakal membuat sistem pengapian mesin jadi buruk, seperti kinerja aki, kiprok dan lain sebagainya. Diko menyarankan agar secepatnya melakukan penggantian busi, agar membuat sistem pengapian mesin terjaga.


(UDA)