Penjualan Mobil

Penjualan Avanza Tetap Tangguh, Xpander Menguntit

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 15 Dec 2017 09:37 WIB
penjualan mobil
Penjualan Avanza Tetap Tangguh, Xpander Menguntit
Penjualan Toyota Avanza masih sulit ditaklukkan di segmen Low MPV. medcom.id/A Harry Budiawan

Jakarta: Berstatus mobil telaris, Toyota Avanza terus digempur kompetitornya. Tak hanya sesama pemain Jepang, merek mobil asal Tiongkok pun ikutan untuk merebut kue pasar yang dikuasai mobil keluarga yang sudah eksis sejak 2005 itu.

Namun dari data distribusi Gaikindo bulan November 2017 lalu, Avanza masih menjadi mobil terlaris di segmennya, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Angkanya mencapai 10.070 unit dan ini menjadi angka psikologis yang sulit bagi APM lain untuk melampauinya. Apalagi Toyota memang didukung jumlah jaringan yang cukup besar di seluruh Indonesia.

Jika ditotal, sudah ada 109.529 unit Avanza yang dikirimkan menuju jaringan mereka yang tersebar menyeluruh itu. Ini membuktikan mobil yang belum berubah total sejak awal kehadirannya itu masih jadi favorit masyarakat.

Tapi meski demikian, Toyota patut waspada dan harus menyiapkan ragam program menarik untuk segmen ini. Mengingat kiprah Mitsubishi Xpander juga mulai menanjak dan brand ini cukup agresif membuka jaringan kendaraan berpenumpangnya di hampir seluruh kota di Indonesia. Produk yang disebut pabrikan tiga berlian ini dengan Small MPV itu terdistribusi 4.882 unit pada November lalu.

Meski tak sampai separuh dari Avanza, Xpander justru jadi produk kedua terlaris untuk November dan menguntit sang pemimpin pasar. Menyingkirkan pemain lama seperti Daihatsu Xenia (3.758 unit), Suzuki Ertiga (3.940 unit), dan Honda Mobilio (2.155 unit).

Patut diwaspadai, jika kapasitas produksi mereka di pabrik sudah maksimal dan kemudian ditingkatkan lagi karena permintaan tinggi, bukan tak mungkin Xpander akan terus merangkak mencuri segmen penjualan Avanza.


(UDA)