Mobil Baru

Jangan Abaikan Pentingnya Garansi Mobil Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 26 Dec 2017 14:30 WIB
mobil baru
Jangan Abaikan Pentingnya Garansi Mobil Baru
Jangan abaikan garansi mobil saat membeli mobil baru, termasuk melakukan pengecekan singkat. Flickr

Jakarta: Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami kerusakan di bagian interior atau eksterior mobil. Ini terjadi tanpa disadari di mobil yang baru keluar dari show room. Jika tidak jeli, maka ini bakal menjadi sebuah kerugian tersendiri bagi konsumen.

Pasti hal seperti ini membuat kita kesal dan langsung berpikir, bahwa kerusakan tersebut sebagai cacat produksi atau produk gagal dari pabrikannya. Untuk itulah pabrikan mengeluarkan yang namanya garansi atau car warranty dengan ragam bagian yang mendapat perlindungan.

Menurut Slamet Haryadi, Foreman di Toyota Auto2000 cabang Kalimalang, jika salah satu komponen yang terdapat di mobil baru mengalami cacat produksi, maka pihak pabrikan atau merek tersebut akan melakukan recall untuk memperbaiki produknya.

“Kalau cacat produksi (defect) biasanya semua mobil akan bermasalah tidak hanya satu mobil saja, dan pabrikan biasanya me-recall secara massal untuk memperbaiki produk yang bermasalah,” jelas Slamet, saat berbincang dengan medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kerusakan di salah satu komponen mobil, yang sudah berjalan dengan jarak tempuh 10 ribu-20 ribu kilometer, atau bahkan dengan jarak tempuh yang masih sedikit bisa saja terjadi, contohnya seperti kampas rem yang jelek atau cepat habis. Kejadian seperti ini akan dipelajari dan diperbaiki oleh pabrikan apabila ada laporan dari konsumen.

“Apabila ada masalah atau kerusakan setelah 10 ribu-20 ribu kilometer, pabrikan akan pelajari untuk kemudian mencari tahu penyebabnya, apabila memang perlu dan menjadi tanggungan pabrikan pasti akan diperbaiki, itu namanya warranty dan itu fungsinya, berbeda dengan cacat produksi,” tutupnya.


(UDA)