Industri Otomotif

APM Bertumbangan, BMW Group Optimistis Bertahan di Indonesia

Ekawan Raharja    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:12 WIB
bmw
APM Bertumbangan, BMW Group Optimistis Bertahan di Indonesia
BMW tegaskan komitmen untuk pasar otomotif Indonesia. BMW Group Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia sudah mendapatkan kabar mengejutkan dari beberapa agen pemegang merek (APM) sepanjang 2016. Di antaranya dari Ford, Mazda, dan Harley-Davidson. 

Seperti yang diketahui, PT Ford Motor Indonesia resmi menarik diri dan menghentikan penjualan Ford di Indonesia pada awal 2016. Sedangkan beberapa hari lalu, PT Mazda Motor Indonesia resmi mengalihkan hak distribusi dan tanggung jawab aftersales kepada PT Eurokars Motor Indonesia.

Menilik dari situasi itu, bagaimana komitmen BMW di pasar otomotif Indonesia?

"2016 merupakan tahun yang penting bagi BMW karena berusia 100 tahun. Strategi kita akan selalu dekat dengan konsumen dan masyarakat Indonesia. Menurut saya, BMW sudah sangat kuat," ujar Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, Selasa (18/10/2016).

Meski begitu, optimisme Jodie masih harus pembuktian. Pasalnya, menurut data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) per September 2016, BMW baru berhasil menjual 1.745 unit. Angka ini menurun jika dibandingkan periode yang sama pada 2015 yakni sebanyak 1.975 unit.


(HIL)