Industri Otomotif

Alasan Isuzu Belum Pasang Mesin Baru untuk D-Max dan mu-X

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Dec 2016 13:02 WIB
isuzu
Alasan Isuzu Belum Pasang Mesin Baru untuk D-Max dan mu-X
Mesin D-Max masih berstandar Euro2, mesin Blue Power sudah Euro4. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua produk andalan Isuzu di Indonesia adalah D-Max dan mu-X. Mobil loght commercial vehicle (LCV) dan sport utility vehicle (SUV) ini merupakan rakitan Thailand yang sama-sama dimodali mesin diesel.

Sudah sejak Maret 2016 pihak Isuzu Thailand memasarkan kedua varian itu dengan mesin terbaru, Blue Power berkode RZ4E-TC dengan kapasitas mesin hanya 1.900cc. Meski kapasitas lebih kecil, tenaganya mencapai 150 daya kuda dengan torsi sebesar 350 Nm.

Lalu kapan Isuzu Indonesia menyusul?

"Produksi mesin baru ini masih terbatas. Untuk mengisi pasar Thailand dan Timur Tengah saja masih kurang. Negara lain belum dapat. Tapi kita dijanjikan bakal dapat ketika kapasitas produksi ditingkatkan," ujar Joen Boediputra, CEO Astra Isuzu, kepada Metrotvnews.com.

"Jika tidak masuk Indonesia, kami akan pajang mesin ini saat pameran," lanjut Joen.

Kendala lain adalah regulasi Euro2 yang masih diterapkan Indonesia. Gara-gara itu, Isuzu Thailand harus melakukan riset untuk penyesuaian kepada mesin ini. Sebab Thailand sudah menerapkan standar Euro4.

"Kalau kita ngotot, mereka harus downgrade. Mereka ada policy-policy tertentu yang pastinya membutuhkan waktu," tutup Joen.


(HIL)