Lembaga Uji Safety Mobil

Euro NCAP 20 Tahun Selamatkan Ribuan Nyawa

Ekawan Raharja    •    Senin, 06 Feb 2017 10:31 WIB
safety driving
Euro NCAP 20 Tahun Selamatkan Ribuan Nyawa
Euro NCAP membuat sebuah video perbandingan mobil produksi 1997 dengan mobil produksi 2017. Euro NCAP

Metrotvnews.com: European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) kini sudah genap berusia 20 tahun. Lembaga tes uji tabrak mobil ini mengklaim bahwa selama berdiri, mereka sudah menyelamatkan lebih dari 15 ribu nyawa penumpang.

Euro NCAP sudah melakukan tes uji tabrak mobil sejak 1997. Hasilnya, angka kematian di Inggris menurun, dari 3.599 di 2017 menjadi 1.732 di 2015.

"Setelah 20 tahun bergelut di keselamatan jalan raya, kami sangat bangga bahwa program keselamatan Euro NCAP memberikan efek yang kuat, meningkatnya angka keselamatan dan menjadikan Eropa sebagai wilayah dengan angka kecelakaan terendah di jalanan," ujar Euro NCAP’s secretary general, Michiel van Ratingen, seperti dikutip dari Autocar.

Ketua Euro NCAP Pertama, Max Mosley, menjelaskan bahwa 20 tahun yang lalu organisasi test uji tabrak mobil ini ditentang oleh berbagai pihak. Namun saat ini Euro NCAP menjadi bagian dari industri otomotif. Organisasi ini telah mencegah banyak kematian, meningkatkan permintaan konsumen akan keselaatan, dan menjadikan rating keselamatan yang dikeluarkan sebagai acuan pabrikan.

Untuk menunjukan kemajuan fitur keselamatan mobil selama 20 tahun ini, mereka membuat sebuah video perbandingan antara Rover 100 produksi 1997 dan Honda Jazz saat ini. Mereka melakukan tes uji tabrak kendaraan dengan kecepatan 64 kilometer per jam (kpj).

"Saat anda duduk di dalam Rover 100 akan menjadi berita buruk. Tabrakan dari depan dengan kecepatan 64 kpj, kamu tidak akan dapat berjalan keluar. Namun ketika menggunakan Jazz saat momen yang sama, kamu kemungkinan dapat keluar hanya dekat luka goresan," ujar Thatcham Research NCAP's crash test centres, Matthew Avery.




(UDA)